Mengenal Tradisi Metatah, Ritual Potong Gigi di Bali 

Pratitis Nur Kanariyati · Sabtu, 15 Januari 2022 - 16:11:00 WIB
Mengenal Tradisi Metatah, Ritual Potong Gigi di Bali 
Tradisi metatah, ritual potong gigi di Bali (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Metatah merupakan ritual potong gigi yang dilakukan penganut Hindu di Bali. Ritual ini dianggap sakral dan diwajibkan untuk anak-anak yang beranjak dewasa, yakni para perempuan yang telah menstruasi dan laki-laki yang telah melalui masa pubertas. 

Ritual metatah juga dimaknai bayar utang orangtua kepada anaknya karena telah menghilangkan enam sifat buruk manusia, menemukan hakikat, dan terlepas dari Sad Ripu. Sad Ripu merupakan enam jenis musuh manusia yang timbul akibat perbuatan tidak baik, yakni kama, loba, krodha, mada, moha, dan matsarya. Tak heran jika tradisi potong gigi ini juga dimaknai membangkitkan kekuatan spiritual dalam melawan keenam musuh tersebut. 

Peserta yang melakukan ritual ini akan menggunakan pakaian adat khas Bali Payang Agung bercorak Pulau Dewata. Mereka tampil dengan rambut disanggul dan dihiasi mahkota bewarna keemasan.

Tempat pelaksanaan bisa dilakukan di rumah, seperti dapur, meten (gedong), halaman depan rumah di depan meten, serta tempat lain yang dianggap suci di dalam rumah. 

Hal pertama dilakukan dalam tradisi metatah adalah memanjatkan doa kepada Bhatara Hyang Guru. Setelah itu menyembah ibu dan bapak, ngayab caru ayam putih semacam sesajen, serta menyediakan air suci kepada Bhatara Hyang Guru. Setelah itu, menulis gigi dengan wijaksara dan dipahat sebanyak tiga kali. Barulah kemudian dilakukan pemotongan gigi.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: