Menkes Sebut Kecemasan Pengaruhi Imunitas Tubuh sehingga Rentan Virus Korona

Antara ยท Rabu, 04 Maret 2020 - 07:00 WIB
Menkes Sebut Kecemasan Pengaruhi Imunitas Tubuh sehingga Rentan Virus Korona

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto saat menjelaskan penanganan wabah virus korona. (Foto: iNews.id/Rizki Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat diimbau jangan panik menyikapi persoalan wabah virus korona. Salah satu upaya pencegahan wabah virus tersebut yang bisa dilakukan dengan menjaga daya tahan tubuh tetap stabil.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, kecemasan dan kekhawatiran dapat memengaruhi imunitas tubuh sehingga rentan terkena virus korona.

"Kalau kita mendapat persepsi dan hal-hal yang salah terus, membuat kita khawatir, cemas, imunitas tubuh kita juga ikut turun," ujar Terawan usai menggelar diskusi tingkat menteri terkait isu aktual, terutama terkait virus korona, di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Dia menuturkan, upaya untuk menjaga hati dan pikiran tetap tenang merupakan upaya paling baik dalam mencegah kemungkinan terjangkit virus korona.

Selain jangan panik masyarakat juga diimbau agar tetap waspada dengan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat. "Karena itu yang paling penting," ucapnya.

Menurutnya, masyarakat harus terus menjaga imunitas tubuh untuk terhindar dari kemungkinan terkena virus korona. "Nomor satu untuk bisa mencegah, terhindar dari COVID-19 (virus korona)yang utama adalah menjaga imunitas tubuh," katanya.

Editor : Kurnia Illahi