Menkes Sebut WHO Beri Izin Protokol Kesehatan Dilonggarkan

Raka Dwi Novianto ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 14:45:00 WIB
Menkes Sebut WHO Beri Izin Protokol Kesehatan Dilonggarkan
World Health Organization (WHO) memberi izin agar protokol kesehatan Covid-19 dilonggarkan. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - World Health Organization (WHO) memberi izin agar protokol kesehatan Covid-19 dilonggarkan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan WHO akan mengumumkan secara resmi pelonggaran itu.

Budi mengaku diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk terus berkoordinasi dengan WHO.

"Kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari protokol kesehatan bisa dilakukan. Khusus mengenai pandemi karena ini sifatnya dunia, nanti WHO yang akan memberikan timingnya kapan," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Menurut Budi, WHO memiliki kewenangan khusus dalam mencabut status pandemi dari suatu negara. Maka dari itu, pemerintah Indonesia akan menunggu perintah dari WHO.

"Itu kan pandemi itu di WHO ada namanya public health emergency of international concern. Itu nanti biasanya kapan dicabutnya dia akan resmikan, dipublish resmi," kata Budi.

Terkait aturan penggunaan masker, Budi menyerahkan segala keputusan kepada Presiden Jokowi.

"Itu tergantung bapak presiden," kata Budi.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut bahwa pandemi covid-19 di Indonesia segera dinyatakan berakhir. Dirinya menilai bahwa saat ini pandemi covid-19 sudah berangsur mereda.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan pada peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas, di Gedung Smesco, Jakarta, Senin (3/10/2022).

"Pandemi memang sudah mulai mereda. Mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir," kata Jokowi dalam sambutannya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda