Menlu Retno Pastikan Indonesia Kirim Bantuan ke Myanmar Bulan Ini

Dominique Hilvy Febriani ยท Jumat, 24 September 2021 - 10:49:00 WIB
Menlu Retno Pastikan Indonesia Kirim Bantuan ke Myanmar Bulan Ini
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi membahas bantuan untuk Myanmar dalam Sidang Majelis Umum ke-76 PBB. (Foto: Kemlu)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menghadiri Sidang Majelis Umum ke-76 PBB di New York, Amerika Serikat. Salah agenda yang diikuti Retno yakni pertemuan dengan para Menlu MIKTA yaitu Menlu Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia.

Dalam forum itu, Retno berkesempatan untuk memulai diskusi mengenai isu Myanmar. Dia menyampaikan bantuan kemanusiaan sudah mulai bergerak, dan beberapa negara anggota MIKTA yang merupakan mitra ASEAN (Australia dan Korsel) juga memberikan bantuan melalui ASEAN.

“Bantuan dari Indonesia untuk Myanmar sendiri akan dikirim pada bulan ini,” ujarnya, Jumat (24/9/2021).

Retno menyampaikan perkembangan yang terjadi saat ini dan bagaimana Indonesia bersama dengan ASEAN terus berusaha membantu Myanmar mengatasi krisis politik dan kemanusiaan.

Retno mengatakan, ASEAN telah menunjuk utusan khusus. Menurutnya ASEAN masih terus berupaya mendapatkan jaminan akses bagi utusan khusus ASEAN tersebut agar dapat memulai fasilitasi dialog yang inklusif. 

“Kondisi yang berkembang di Myanmar saat ini memberikan tantangan yang lebih bagi terjadinya dialog inklusif,” ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: