Mensos Risma Ajak Pengusaha Bantu Korban Bencana NTT dan NTB

Muhammad Refi Sandi · Kamis, 08 April 2021 - 10:40:00 WIB
Mensos Risma Ajak Pengusaha Bantu Korban Bencana NTT dan NTB
Mensos Risma mengajak pengusaha untuk memberikan bantuan ke korban bencana alam di NTT dan NTB. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini atau Risma mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu korban bencana alam banjir di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Risma juga mengajak para pengusaha ikut memberikan bantuan.

Risma menekankan, bencana alam di NTB dan NTT merupakan momen bagi masyarakat Indonesia untuk saling membantu. Menurutnya setiap bantuan yang diberikan akan meringankan korban banjir terutama bagi pengungsi.

“Banjir bandang dan longsor dampaknya luar biasa. Saya mengimbau dan mengajak semua elemen bangsa, termasuk dunia usaha, dan masyarakat luas bersama-sama membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak baik di NTT maupun di NTB. Bencana skalanya luas dan banyak daerah terdampak. Mari kita berkerja sama, membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana,” kata Risma di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Mantan wali kota Surabaya itu mengatakan dirinya akan kembali ke NTT untuk terus memastikan bantuan sampai kepada masyarakat. Termasuk memastikan rantai pasokan bantuan sudah mencapai daerah yang sulit dijangkau. Saat ini, bantuan dari Kemensos sudah dalam posisi siap diterbangkan ke lokasi bencana. 

“Pakai pesawat Hercules milik TNI. Jadi Kemensos memohon bantuan dari Bapak Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menerbangkan bantuan,” ujarnya. 

Sebelumnya, Risma mencatat kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Kemensos seperti Taruna Siaga Bencana (Tagana) sudah cukup baik. Namun, ada keterbatasan peralatan, makanan yang disiapkan untuk pengungsi tidak bervariasi, dan makan waktu lama disiapkan.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2