Menteri Agama Fachrul Razi Lempar Isu Pemulangan WNI Eks ISIS ke Mahfud MD

Felldy Utama ยท Senin, 10 Februari 2020 - 16:47:00 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi Lempar Isu Pemulangan WNI Eks ISIS ke Mahfud MD
Menteri Agama Fachrul Razi (tengah). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.idMenteri Agama (Menag) Fachrul Razi kini enggan berkomentar kembali soal wacana pemulangan 600 warga Negara Indonesia (WNI) eks pengikut ISIS di Timur Tengah. Padahal, isu itu awalnya berkembang dan menjadi sorotan publik lantaran pernyataan mantan wakil panglima TNI itu.

Menurut Fachrul, saat ini yang berhak menyampaikan perkembangan isu pemulangan 600 WNI eks ISIS itu adalah Menteri Koordinator Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD. “Wah, itu nantilah biar dijelaskan menko polhukam ya. Karena beliau yang mengkoordinir ya,” kata Facrul di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (10/2/2020).

Saat disinggung soal pandangannya sebagai menag, Facrhul mengatakan akan menyampaikan masukannya jika sudah diminta oleh Mahfud MD. Sebab, saat ini Mahfud-lah yang menurutnya menjadi leading sector dari wacana tersebut.

“Nanti kalau beliau minta, saya kasih masukan. Enggak boleh lagi saya ngomong di sini, karena udah ada rapat menko polhukam,” ujarnya.

Kendati demikian, Fachrul menampik jika dia disebut sekarang dilarang berbicara soal wacana pemulangan WNI eks ISIS tersebut. “Enggak, bukan dilarang. Karena kan kalau sudah ditunjuk koordinator, kita yang ngomong enggak baik. Ngomongnya kepada yang koordinasi dong,” ucap dia.


Editor : Ahmad Islamy Jamil