MNC Peduli dan Laz Harfa Bantu Keluarga Nelayan di Pasauran Serang

MNC Media ยท Rabu, 04 September 2019 - 20:15 WIB
MNC Peduli dan Laz Harfa Bantu Keluarga Nelayan di Pasauran Serang

Ketua MNC Peduli Syafril Nasution (dua dari kiri) memberikan bantuan secara simbolis kepada nelayan Pasauran, Cinangka, Seran, Banten, Rabu (4/9/2019). (Foto: MNC Media).

SERANG, iNews.idMNC Peduli bersama Laz Harfa bekerja sama membantu para nelayan di Kabupaten Serang, Banten. Bantuan diwujudkan dalam bentuk pemberian perlengkapan untuk melaut dan pelatihan mikro ekonomi di TPI Pasauran, Kecamatan Cinangka.

Perlengkapan nelayan tersebut berupa 11 perahu motor yang akan digunakan untuk 22 kepala keluarga, 10 unit lampu badai dan 50 pelampung. Sedangkan, untuk pelatihan mikro ekonomi diberikan dengan tujuan menyadarkan para nelayan dan keluarga terhadap pola pengelolaan keuangan sehari-hari.

Selain itu diadakan juga pelatihan terkait pemanfaatan lahan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Direktur Laz Harfa, Indah Prihanande, menyampaikan bahwa pelatihan ini untuk memberikan pemahaman baru dalam kehidupan nelayan terutama soal ekonomi. Selama ini perilaku nelayan kerap mengabaikan pentingnya investasi atau menabung, juga memberdayakan pendapatan mereka.


Umumnya, jika hasil tangkapan besar, maka mereka akan habiskan dalam hari itu untuk membeli alat-alat elektronik seperti parabola, televisi dan kulkas. Namun, ketika terjadi gelombang besar dan tidak ada tangkapan banyak mereka akan menjual elektronik yang sudah dibeli dengan harga yang sangat murah dan biasanya akan terjerat utang, rentenir dan sebagainya.

“Laz Harfa memberikan pengetahuan dasar terkait dengan pengelolaan manajemen literasi keuangan mereka, bagaimana mereka bisa memahami, bisa mengatur penghasilan itu dan tidak lagi menjadi orang-orang yang duafa dan tidak berdaya,” kata Indah, Rabu (4/9/2019).

Menurut dia, proses tersebut agak panjang. Tetapi, Laz Harfa percaya mereka kelak akan berubah.

”Pelatihan ini banyak dilakukan di daerah lain dan biasanya berubah cukup signifikan karena kami menggunakan metode-metode pemberdayaan yang aplikatif untuk masyarakat,” ujarnya.


Ketua MNC Peduli Syafril Nasution mengatakan, MNC Peduli bersama Laz Harfa memberikan bantuan 11 perahu dan juga 50 pelampung untuk nelayan. Bantuan ini terkait dengan musibah tsunami beberapa waktu yang lalu.

“Di samping bantuan perahu, kita juga berikan bantuan pelatihan ekonomi mikro kepada istri nelayan bagaimana cara menabung, gimana cara menambah pendapatan di samping menangkap ikan oleh suaminya. Bagus sekali, mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Syafril.

Item salah satu warga yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, melalui kegiatan ini mereka jadi tahu cara menabung dan bercocok tanam. Hal-hal ini tidak pernah dia pikirkan sebelumnya.


Dia juga berterima kasih karena dalam pelatihan ini diberikan bibit tanaman antara lain kangkung dan cabai. MNC Peduli dan Laz Harfa ingin nelayan dapat menambah penghasilan lewat bercocok tanam sendiri.

”Jadinya kita tidak banyak keluarkan biaya dari beli sayur. Alhamdulillah dengan seperti ini bukan hanya kita andalin suami, dengan bercocok tanam sendiri kita bisa dapat penghasilan dan dapat mengatur keuangannya,” ujar Item.

Editor : Zen Teguh