Moeldoko Minta Setiap Wilayah Harus Punya Sistem Ketahanan Pangan Mandiri

Raka Dwi Novianto ยท Jumat, 26 Agustus 2022 - 14:11:00 WIB
Moeldoko Minta Setiap Wilayah Harus Punya Sistem Ketahanan Pangan Mandiri
Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menekankan pentingnya setiap wilayah untuk memiliki sistem ketahanan pangan mandiri. Tujuannya untuk bersiap menghadapi ancaman krisis pangan global. 

“Masing-masing wilayah di Indonesia harus punya ketahanan pangan. Jadi tidak bergantung pada suplai dari pulau atau daerah lain,” kata Moeldoko dalam keterangannya, Jumat (26/8/2022).

Hal ini disampaikan oleh Moeldoko dalam pertemuannya dengan Rektor Universitas Negeri Manado, Prof. Dietje A. Katuuk, dan sejumlah petinggi perguruan tinggi di Sulawesi Utara tersebut di Gedung Bina Graha Jakarta, Jumat (26/8).

Panglima TNI 2013-2015 tersebut menganalogikan sistem ketahanan pangan daerah dengan salah satu strategi pertahanan militer, yakni sistem kompartemen. Dalam keadaan perang berkepanjangan, semua pulau-pulau besar dituntut punya kemandirian karena sulitnya mendatangkan logistik dari luar pulau.

“Sistem kompartemen ini sangat selaras dengan isu pertanian dan ketahanan pangan sekarang. Apalagi kita sedang menghadapi situasi global yang sulit. Jadi harus bisa memenuhi kebutuhannya secara mandiri,” jelasnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda