Mulfachri Harahap, Dicopot PAN dari Pimpinan Komisi III

Felldy Utama ยท Senin, 06 April 2020 - 13:22 WIB
Mulfachri Harahap, Dicopot PAN dari Pimpinan Komisi III

Mulfachri Harahap (dok PAN)

JAKARTA, iNews.id - Setelah pelaksanaan Kongres V, di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) beberapa waktu yang lalu, Partai Amanat Nasional (PAN) langsung melakukan perombakan di tingkat struktural partai. Bahkan, pergantian posisi itu juga terjadi di unsur pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD) di DPR RI.

Mantan pesaing Zulkifli Hasan di Kongres V kemarin, Mulfachri Harahap menjadi salah satu anggota Fraksi PAN yang dicopot dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI. Posisi Mulfachri kini digantikan oleh Pangeran Khairul Saleh.

Sekretaris Fraksi PAN di DPR, Ahmad Yohan membenarkan adanya pergantian posisi tersebut. Kendati demikian, dia membantah jika perombakan itu ada kaitannya dengan persoalan persaingan antara Zulhas dan Mulfachri di Kongres V kemarin.

"Hal biasa, dalam rangka penyegaraan," kata Yohan, saat dikonfirmasi wartawan, Senin (6/4/2020).

Dia menyampaikan bahwa dalam proses pergantian ini, Hanafi Rais selaku Ketua Fraksi PAN di DPR RI juga telah menjalin komunikasi dengan Mulfachri. Dia menyebut, Mulfachri menerima keputusan pergantian posisinya itu.

Disamping itu, Yohan mengatakan bahwa pergantian posisi ini tidak hanya terjadi kepada Mulfachri saja. Tapi juga kepada anggota lainnya. Hanya saja, dia tak menyebut siapa saja anggota yang akan diganti selanjutnya.

"Setelah ini juga akan ada penyegaran di komisi dan alat kelengkapan lainnya, baik di pimpinan maupun anggota. Jadi prosesnya normal saja," pungkasnya.

Pergantian posisi Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi PAN ini tertuang dalam undangan rapat internal kepada pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI pada Senin (6/4/2020). Agenda rapat adalah penetapan Wakil Pimpinan Komisi III DPR dari Fraksi PAN.

Adapun surat pergantian dari Fraksi PAN sendiri, ditandatangani oleh Ketua Fraksi PAN DPR Hanafi Rais dan Sekretaris Fraksi PAN DPR Ahmad Yohan yang mana, keduanya merupakan pendukung dari Mulfachri Harahap saat Kongres.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq