Naik Pangkat, 13 Perwira TNI Pecah Bintang

Riezky Maulana ยท Senin, 28 September 2020 - 04:04:00 WIB
Naik Pangkat, 13 Perwira TNI Pecah Bintang
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (tengah) menerima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 6 Pati TNI AU di Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (25/9/2020). (Foto: Dispenau).

JAKARTA, iNews.id - Daftar perwira tinggi (pati) TNI makin bertambah panjang. Teranyar, 13 perwira menengah (pamen) naik pangkat setingkat lebih tinggi menjadi jenderal bintang satu.

Sebelas perwira yang pecah bintang (istilah dari kolonel menjadi brigjen/laksma/marsma) tersebut merupakan bagian dari 19 perwira yang menerima kenaikan pangkat berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/2032/IX/2020 tanggal 23 September 2020.

Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat berlangsung pada Jumat (25/9/2020) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, dipimpin oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Secara keseluruhan terdapat 9 Pati TNI AD, 4 Pati TNI AL dan 6 Pati TNI AU dan yang naik pangkat.

Di matra TNI AD, dari sembilan perwira tersebut lima di antaranya baru naik ke brigjen TNI. Di TNI AL 2 perwira menjadi laksamana pertama (laksma) dan di TNI AU enam orang resmi berpangkat marsekal pertama (marsma).

Enam Pati TNI AU telah melaporkan kenaikan pangkat tersebut kepada KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. KSAU mengatakan, kenaikan pangkat hakikatnya merupakan bentuk penghargaan, amanah, dan prestasi seorang prajurit atas kinerja yang telah ditunjukkan selama penugasannya.

“Atas nama TNI AU, saya mengucapkan selamat dan turut berbangga atas pencapaian kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi para Perwira Tinggi TNI AU,” ujar Fadjar melalui keterangan tertulis, Minggu (27/9/2020).

Berikut 11 perwira TNI yang pecah bintang:

1. Brigjen TNI Heri Sapari (Kapoksahli Pangdam XVI/Ptm).
2. Brigjen TNI Furdiyantoso (Pa Sahli Tk II Kasad Bidang Kum HAM dan Narkoba).
3. Brigjen TNI Beriman Purba (Han) (Direktur Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah BSSN).
4. Brigjen TNI Sumanto (Pa Sahli Tk II Intekmil Sahli Bidang Intekmil dan Siber Panglima TNI)
5. Brigjen TNI IGBN Tedjasukma Ekaputra (Han) (TA Pengkaji Madya Bidang Tannas Lemhannas).

Pati TNI AL
1. Laksma TNI Sujono (Pati Sahli Kasal Bidang Dokstraops).
2. Laksma TNI Endro Legowo (Wakil Dekan Fakultas Keamanan Nasional Unhan).

Editor : Zen Teguh