Oknum Penyidik KPK Diduga Lakukan Pemerasan, Firli Bahuri: Kami Tidak Akan Tolerir

Raka Dwi Novianto · Rabu, 21 April 2021 - 18:22:00 WIB
Oknum Penyidik KPK Diduga Lakukan Pemerasan, Firli Bahuri: Kami Tidak Akan Tolerir
Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan tak ada menolerir tindakan pemerasan yang kabarnya dilakukan oknum penyidik kepada Wali Kota Tanjungbalai, HM Syahrial. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menyelidiki dugaan oknum penyidiknya yang diduga melakukan pemerasan terhadap Wali Kota Tanjungbalai, HM Syahrial. Ketua KPK, Firli Bahuri menegaskan instansinya tidak akan menolerir tindakan-tindakan menyimpang seperti itu.

Selain itu Firli mengatakan KPK memegang prinsip zero tolerance terhadap tindakan yang menyimpang dan tidak sesuai perundang-undangan.

"KPK tidak akan tolerir perbuatan menyimpang. KPK akan menindak tegas para pelaku korupsi tanpa pandang bulu, sesuai ketentuan perundang-undangan, itu prinsip kerja KPK," ujar Firli di Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Firli juga memerintahkan Deputi Penindakan Karyoto untuk melakukan penelusuran dan mengumpulkan bukti-bukti terkait adanya pemerasan tersebut.

"Saya sudah perintahkan deputi penindakan untuk cek dan dalami bukti-bukti. Jika benar dan cukup bukti, KPK akan sidik tuntas. Saya ulangi KPK tidak akan tolerer perbuatan tersebut," ujarnya.

Nantinya, kata Firli, setelah dikumpulkan bukti-bukti dan cukup maka KPK sendiri bakal menindak langsung oknum penyidik yang melakukan pemerasan tersebut.

"Saya sudah perintahkan untuk mencari dan kumpulkan keterangan saksi-saksi bukti-buktinya. Hasilnya diekspose di pimpinan. Jika betul kejadiannya dan cukup bukti, maka KPK sendiri yang melakukan penyidikan sampai dengan peradilan," katanya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3