Pandemi Covid-19, Masih Banyak Warga Beli Hewan Kurban secara Langsung

Zahra Siti Arkandina · Minggu, 18 Juli 2021 - 10:46:00 WIB
Pandemi Covid-19, Masih Banyak Warga Beli Hewan Kurban secara Langsung
Survei Litbang MNC menunjukkan mayoritas masyrakat masih membeli hewan kurban secara langsung (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Aktivitas masyarakat banyak bergeser secara daring atau online karena pandemi Covid-19. Namun, aktivitas memilih dan membeli hewan kurban secara langsung masih diminati masyarakat.

Hasil survei online Litbang MNC pada 12 – 15 Juli 2021 memperlihatkan fenomena tersebut, Minggu (18/7/2021). Sebanyak 61 persen responden mengaku masih memilih metode kurban secara offline meskipun dalam kondisi pandemi saat ini.

Preferensi offline ini didukung oleh beragam alasan. Sebagian besar responden mengaku merasa lebih puas apabila berkurban secara offline sebab mereka dapat melihat secara langsung kondisi hewan kurban. Selain untuk memastikan kualitas hewan kurban, kesesuaian dengan syariat Islam dan kesesuaian harga juga menjadi hal yang diperhatikan saat melakukan pembelian hewan kurban secara offline. 

“Tak hanya dapat memilih hewan terbaik dan kemudahan yang ditawarkan, pengalaman transaksi secara offline juga dapat menjadi sarana edukasi anak,” ujar Rere (35) karyawan swasta yang memilih hewan kurban secara langsung saat ditemui beberapa waktu lalu. 

Metode secara offline juga diminati karena metode ini memungkinkan keterlibatan langsung dalam proses penyembelihan. Selain alasan spiritual seperti mengikuti jejak Rasulullah SAW, berkurban secara offline juga dianggap dapat menyejahterakan masyarakat di lingkungan sekitarnya. 

“Kalau bisa sembelih sendiri, kita bisa langsung distribusikan ke orang-orang yang kita ketahui karena di lingkungan kita banyak yang terdampak Covid. Ini bisa jadi penghibur bagi mereka juga,” ujar Dwinanto, seorang pegawai swasta. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: