Partai Perindo: Gaji ASN Cerai Dipotong agar Mantan Istri dan Anak Tak Telantar

Nur Khabibi ยท Minggu, 02 Oktober 2022 - 04:29:00 WIB
Partai Perindo: Gaji ASN Cerai Dipotong agar Mantan Istri dan Anak Tak Telantar
Juru Bicara Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Ike Suharjo. (Foto: MPI/Nur Khabibi)

JAKARTA, iNews.id – Beberapa waktu lalu, masyarakat di Tanah Air sempat dihebohkan dengan sebuah video yang viral di media sosial. Video itu mengungkapkan tentang ASN yang bercerai harus memberikan setengah gaji untuk mantan istrinya. 

Narasi dalam video itu lantas menuai pro dan kontra. Tak sedikit warganet yang setuju dengan informasi tersebut. Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun membenarkan adanya ketentuan terkait pemotongan terhadap gaji ASN laki-laki yang menceraikan istrinya.

Aturan tersebut tercantum dalam PP Nomor 10 Tahun 1983 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian ASN, yang kemudian disempurnakan melalui PP Nomor 45 Tahun 1990. Dalam PP tersebut dijelaskan, jika terjadi perceraian atas kehendak ASN laki-laki, yang bersangkutan wajib menyerahkan sebagian gajinya untuk penghidupan mantan istri dan anak-anaknya. 

Perinciannya, gaji ASN dipotong sepertiga untuk mantan istri dan sepertiga lagi untuk anak-anaknya. Namun, jika dari perkawinan tersebut tidak ada anak, mantan istri berhak mendapatkan setengah dari gaji suaminya. Dengan catatan, sang mantan istri ASN yang bersangkutan belum menikah lagi dengan pria lain.

Juru Bicara Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Ike Suharjo menyatakan, sebagai partai politik yang memiliki sensitivitas dalam isu perempuan dan anak, ada beberapa hal yang menjadi perhatian bagi Partai Perindo. Pertama, sangat mendukung ditagakkannya kembali aturan soal pembagian gaji ASN pria yang menceraikan istrinya. 

“Selama ini, aturan tersebut seperti tidak diberlakukan terhadap ASN-ASN pria yang menceraikan istrinya. Sehingga dengan ditegakkannya kembali aturan ini, diharapkan perceraian ASN akan semakin berkurang,” kata Ike kepada MNC Portal Indonesia, Sabtu (1/10/2022).

Kedua, kata Ike, aturan tersebut juga bertujuan agar para suami ASN ini tidak gampang main cerai istrinya. Selain itu, regulasi ini juga untuk menjaga citra ASN sebagai insan yang harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda