Patung Soekarno Berkuda di Kemhan Diresmikan, Prabowo: Simbol Pertahankan Kemerdekaan

Carlos Roy Fajarta ยท Selasa, 08 Juni 2021 - 07:41:00 WIB
Patung Soekarno Berkuda di Kemhan Diresmikan, Prabowo: Simbol Pertahankan Kemerdekaan
Patung Bung Karno berkuda yang diresmikan di kantor Kemhan, Jakarta. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Patung Presiden pertama Indonesia, Soekarno sedang berkuda menjadi simbol bagi masyarakat Indonesia untuk selalu berjuang mempertahankan kemerdekaan dan menjaga persatuan bangsa. Patung itu kini kokoh berdiri di halaman kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta.

Peresmian patung itu dilaksanakan Senin (7/6/2021). Menhan Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri hadir langsung dalam peresmian tersebut.

"Patung ini ketika Presiden Soekarno menjadi Panglima Tertinggi kita yang pertama pada Hari Angkatan Perang yang pertama yaitu 5 Oktober 1946 di Yogyakarta sebagai inspektur upacara," ujar Prabowo Subianto dalam video yang diunggah akun media sosial PDIP dikutip Selasa (8/6/2021).

Prabowo Subianto mengatakan upacara tersebut merupakan momentum di mana untuk pertama kali Republik Indonesia menunjukkan angkatan perangnya yang siap untuk mempertahankan kemerdekaan.

"Kita mengetahui sejarah bahwa pada saat itu Bung Karno jarang naik kuda. Tetapi karena beliau sadar peran beliau sebagai panglima tertinggi akhirnya beliau hanya latihan tiga hari dan kemudian bersedia menjadi inspektur upacara di atas kuda," ujar Prabowo Subianto.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda