Pembuang Bayi di Palmerah Tertangkap, Ini Modus Pelaku

Yan Yusuf ยท Selasa, 11 Agustus 2020 - 13:58 WIB
Pembuang Bayi di Palmerah Tertangkap, Ini Modus Pelaku

Ibu pembuang bayi di Palmerah diinterograsi di Puskesmas Palmerah (Foto: Sindo/Yan Yusuf)

JAKARTA, iNews.id - Polisi menangkap pembuang bayi di Jati Pulo, Palmerah, Jakarta Barat. Pelaku berinisial D (20) ditangkap polisi usai melakukan pencarian di sekitar lokasi pembuangan bayi.

Pelaku tertangkap di tempat kerjanya di Batu Sari, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (9/8/2020). Kapolsek Palmerah Kompol Supriyanto mengatakan penangkapan D berawal dari keyakinan polisi jika pembuang bayi berada di dekat lokasi pembuangan.

Keyakinan polisi berawal dengan temuan bayi dalam kondisi ari-ari masih menempel dan darah masih melekat. Supriyanto yakin, pelaku pembuangan cukup dekat.

Polisi langsung menyisir dan mencari beberapa ibu hamil di lingkungan sekitar. Namun, saat dilakukan pencarian tidak ada warga sekitar yang melihat wanita hamil.

“Saya yakin pasti ada yang lihat, tapi ini kami sisir engga ada satupun yang lihat,” kata Supriyanto, Selasa (11/8/2020).

Setelah pencarian beberapa saat, polisi bertemu orang tua pelaku dan menemukan seprai dengan bekas darah. Pelaku yang tidak punya alibi saat pembuangan bayi, segera ditetapkan tersangka.

“Setelah kami desak, dia engga punya alibi lain. Sejak sore itu kami mulai menetapkan dia sebagai tersangka,” kata Supriyanto.

Tersangka kemudian dibawa ke Puskesmas Palmerah untuk menjalani perawatan dan sekaligus pemeriksaan.

Modus pelaku untuk menyamarkan suara tangis bayi dengan menyetel suara musik yang keras. Setelah melahirkan anaknya, D langsung menaruh bayi di teras rumah dan berteriak seolah ada yang membuang bayi, Minggu (9/8/2020).

Setelah ibunya datang dan warga kemudian berbondong-bondong mendatangi rumahnya. D, memilih meninggalkan anaknya dan menghindari keramaian warga. Pelaku langsung berangkat kerja tanpa merasa bersalah.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq