Pendiri eTani Davyn Sudirdjo Terima Penghargaan Ikon Prestasi Pancasila BPIP

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 15 Agustus 2019 - 22:36 WIB
Pendiri eTani Davyn Sudirdjo Terima Penghargaan Ikon Prestasi Pancasila BPIP

Pendiri eTani Davyn Sudirdjo menjadi salah satu dari 74 sosok inspiratif yang menerima penghargaan Ikon Prestasi Pancasila dari BPIP. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id – Badan Pendidikan Ideologi Pancasila (BPIP) memberikan penghargaan kepada 74 sosok inspiratif Indonesia untuk memperingati 74 tahun kemerdekaan RI. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi kepada mereka yang telah menerima penghargaan di lingkup nasional dan internasional.

Sosok penerima penghargaan Ikon Prestasi Pancasila ini terbagi dalam empat kategori, yakni sains dan inovasi, olahraga, seni budaya dan bidang kreatif, serta kewirausahaan sosial (social entrepreneurship).

Salah satu ikon di bidang sains dan inovasi yakni Davyn Sudirdjo, pemuda 18 tahun pendiri eTani yang saat ini sedang mengejar gelar sarjana Ilmu Komputer dalam Ilmu Data dan Ekonomi di Stanford University, Amerika Serikat.

Sekarang ini eTani merupakan perusahaan pemula yang memberdayakan petani Indonesia tanpa perantara dan mempromosikan budaya Farm to Table.

Dalam jangka panjang, visi Davyn adalah untuk mengembangkan ekosistem yang memberdayakan petani dengan menyediakan pasar, membantu mereka mendapatkan dana, membangun kolaborasi masyarakat dengan para pakar pertanian dan sesama petani, serta memaksimalkan kualitas dan kuantitas hasil ladang mereka.

Davyn juga terpilih untuk mewakili Indonesia pada Youth Agriculture Summit 2019 di Brasilia, Brasil, Novermber mendatang. Youth AG Summit pada 2019. Di forum itu dia mengangkat masalah keamanan pangan, salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Davyn Sudirdjo bersama dengan tokoh-tokoh besar seperti Nadim Makarim, Christine Hakim, Ale Sihasale, Nia Zulkarnaen, Addie MS dan juga kedua siswa penemu obat kanker akan menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo di Solo pada 19 Agustus 2019.

Pelaksana Tugas Kepala BPIP Hariyono mengatakan, penerima pengahrgaan Ikon Prestasi Pancasila ini akan bertugas menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila guna menjadikan sumber inspirasi yang dapat menumbuhkan rasa bangga menjadi bangsa Indonesia.

”Selain itu, mereka akan terlibat aktif dalam media massa dan media sosial yang dapat menciptakan pandangan positif dalam mengapresiasikan Pancasila di kalangan generasi muda,” kata Hariyono, Kamis (15/8/2019).


Editor : Zen Teguh