Peranan The British Institute dalam Gejolak Superioritas Bahasa Internasional di Tengah Gaya Hidup Milenial
JAKARTA, iNews.id – Salah satu kunci agar dapat menjadi pemenang dalam persaingan di dunia global adalah kecakapan berkomunikasi lintas negara. Dengan perputaran era digital saat ini, perkembangan laju teknologi dirasa begitu cepat sehingga dibutuhkan sinergi yang menyeluruh dengan perkembangan dunia.
Di era saat ini dan kedepan, kualitas aset bangsa tidak hanya dimaknai keunggulan akademik saja, melainkan harus dilengkapi dengan karakter yang kuat, kemampuan beradaptasi serta bekal keterampilan lunak atau soft skill yang mumpuni. Dalam hal ini, kemampuan komunikasi berskala Internasional pun sangat dibutuhkan agar tembus persaingan dunia.
Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa penghubung internasional, hal ini wajib menjadi bagian dari gaya hidup generasi bangsa yang dapat memajukan perekonomian negara Indonesia. Harapannya, fenomena generasi milenial saat ini yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris justru dapat menjadi suatu motivasi positif bagi masyarakat sekitar, karena bukan berarti mereka meninggalkan bahasa atau kultur Indonesia yang ada.
“Hal ini yang terkadang menjadi pro-kontra dan pada akhirnya menjadi hambatan bagi sebagian besar masyarakat yang kurang berani berekspresi. Kita harus melangkah lebih maju, bukan berjalan di tempat, karena generasi jaman now harus betul-betul siap modal saat memasuki dunia nyata di tengah persaingan global”, menurut Diah Pratiwi Soehendro selaku Marketing Communications Manager TBI. Modal ini yang akan mendukung kaum muda dan pekerja profesional untuk berbicara kepada dunia yang lebih luas.
Disampaikan Diah, bahwa 'youth generation' yang sadar akan gejolak revolusi industri saat ini justru mereka yang terbuka pola pikir dan berani memperkaya pengalaman dunia nyata. Eksistensi The British Institute atau TBI yang akan memasuki usianya ke-38 tahun pada Februari 2022 mendatang, dalam menyediakan pelatihan bahasa Inggris adalah bagian sebuah respons dari kebutuhan masyarakat Indonesia yang ingin terus melaju dalam mengembangkan kecakapan serta kepercayaan diri dalam berbahasa lnggris baik dari usia dini atau golden age sampai tanpa batasan umur.