Perempuan Pembuat Video Pria Ancam Penggal Jokowi Ditangkap

Irfan Ma'ruf · Rabu, 15 Mei 2019 - 17:11 WIB
Perempuan Pembuat Video Pria Ancam Penggal Jokowi Ditangkap

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: iNews.id).

JAKARTA, iNews.id, - Polisi Menangkap pelaku yang merekam aksi Hermawan Susanto, pria yang mengancam penggal kepala Presiden Joko Widodo. Pelaku perekaman dan penyebar video tersebut merupakan perempuan berinisial IY.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, IY ditangkap di Bekasi, Jawa Barat. Namun dia tak menjelaskan detail penangkapan itu.

"Iya yang bersangkutan sudah ditangkap," kata Argo, Rabu (15/5/2019).

Polisi menyita sejumlah baran bukti dari pelaku IY salah satunya kacamata hitam yang digunakan saat kejadian. Selain itu, 1 unit iPhone 5s, masker hitam, cincin, kerudung warna biru, selembar baju warna putih dan tas warna kuning.

BACA JUGA: Pria Ancam Penggal Jokowi Ditangkap di Parung Bogor

Barang bukti merupakan barang-barang yang digunakan IY saat merekam video teriakan Hermawan Susanto yang kemudian viral di media sosial itu.

"Yang bersangkutan mengakui bahwa dia adalah yang ada di video tersebut," kata Argo.

Sebelumnya, viral video ucapan Hermawan Susanto yang mengancam penggal kepala Presiden Jokowi. Ancaman ini diteriakkan saat mengikuti demo di depan kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Jumat (10/5/2019).

BACA JUGA: Tanggapan Presiden Jokowi atas Ancaman Penggal oleh HS

Hermawan lebih dulu ditangkap polisi di Parung, Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (12/5/2019) pagi. Pengakuannya, dia khilaf dan emosi saat meneriakkan ancaman itu.

Dalam video tersebut, IY tampak memegang ponsel dan mengarahkan videonya kepada Hermawan. Dia mengenakan kerudung berwarna biru dan kacamata hitam.


Editor : Zen Teguh