Pilih Oposisi, Presiden PKS Instruksikan Kader Sosialisasikan Sikap Partai

Felldy Utama ยท Selasa, 22 Oktober 2019 - 14:57 WIB
Pilih Oposisi, Presiden PKS Instruksikan Kader Sosialisasikan Sikap Partai

Presiden PKS, M Sohibul Iman. (Foto: iNews.id/Dok.)

JAKARTA, iNews.id – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), M Sohibul Iman, kembali mempertegas sikap partainya yang memilih jalan untuk berada di luar pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Pernyataannya itu merespons dinamika politik menjelang pengumuman Kabinet Kerja Jilid II, Rabu (23/10/2019) besok.

Keseriusan sikap PKS itu ditunjukkan Sohibul dengan memberikan instruksi langsung kepada seluruh fungsionaris Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Fraksi PKS di DPR, Fraksi PKS di MPR, dan juga seluruh kader PKS lainnya untuk menyatakan sikap partai. “Seluruh kader diminta agar fokus mensosialisasikan sikap politik PKS yaitu tetap berada di luar pemerintahan,” ungkap Sohibul dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Dia pun turut mengimbau kepada seluruh kader partainya agar tidak tergoda atau terjebak mengomentari langkah-langkah politik pihak lain. Dia menegaskan, PKS menghormati sikap politik dari individu maupun partai lain, dan Sohibul berharap pihak lain juga menghormati sikap politik PKS.

“Hal tersebut sebagai cerminan kedewasaan kita dalam hidup berdemokrasi,” ujarnya.

BACA JUGA: Prabowo Masuk Kabinet, Bamsoet: Jokowi Ingin Jaga Stabilitas Politik

Sementara, soal sikap politik PKS yang di luar pemerintahan, Sohibul meminta agar disampaikan secara tegas dan jelas, namun tidak dengan konotasi arogan apalagi seolah menantang untuk beroposisi sendirian. “Sampaikanlah dengan objektif, argumentatif namun tetap rendah hati,” tuturnya.

Dia pun menyadari sikap politik ini memang bukan pilihan ideal, bahkan pilihan berat. Kendati demikian, kata Sohibul, di tengah partai-partai lain memilih bergabung ke dalam pemerintahan, PKS merasa bertanggung jawab untuk menjaga muruah demokrasi yang sudah menjadi jalan politik PKS dan juga bangsa ini. Caranya yaitu dengan memilih tetap di luar pemerintahan.


Editor : Ahmad Islamy Jamil