Pimpin SAR Sriwijaya Air SJ 182, Pangkoarmada I : Kita Fokus Temukan Korban

Giri Hartomo · Kamis, 14 Januari 2021 - 16:42:00 WIB
Pimpin SAR Sriwijaya Air SJ 182, Pangkoarmada I : Kita Fokus Temukan Korban
Panglima Koarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid Kacong memimpin operasi SAR pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu. (Foto: Dispenal).

JAKARTA, iNews.id  - Panglima Koarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid Kacong memimpin operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air bernomor SJ 182 rute Jakarta-Pontianak di perairan Kepulauan Seribu. Tim SAR akan terus fokus pada pencarian korban.

Abdul Rasyid mengatakan, selain jenazah korban, tim SAR juga akan berupaya mencari bagian kotak hitam atau black box yang belum ditemukan. Bagian tersebut yakni Cockpit Voice Recorder (CVR).

"Misi pencarian ini merupakan misi kemanusiaan, pencarian tetap kita fokuskan terhadap korban, apapun yang kita temui di bawah selalu diupayakan untuk diangkat. Terhadap CVR ada tim khusus yang tetap mengupayakan pencarian juga,” ujarnya, Kamis (14/1/2021)

Alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) 1988 ini menuturkan,, sejak Operasi SAR ini dibuka oleh Basarnas, TNI AL mengerahkan sejumlah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Selain itu, tim penyelam TNI AL yang terdiri atas Komando Pasukan Katak (Kopaska), Intai Amfibi Marinir (Taifib) dan Penyelam Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada I diterjunkan untuk membantu pencarian pesawat tersebut. 

"Unsur-unsur KRI TNI Angkatan Laut membantu Basarnas yang tergabung dalam Tim Gabungan untuk melakukan Search and Resque (SAR) Pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak," ucapnya.

Editor : Zen Teguh