Pimpin Upacara di Pulau Reklamasi, Ini Pesan Anies untuk Warga Jakarta

Irfan Ma'ruf ยท Sabtu, 17 Agustus 2019 - 11:12 WIB
Pimpin Upacara di Pulau Reklamasi, Ini Pesan Anies untuk Warga Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI di Pulau Maju hasil reklamasi Teluk Jakarta, Sabtu (17/8/2019). (Foto: iNews.id/Irfan Maruf).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI di Pulau Maju atau Pulau D hasil reklamasi Teluk Jakarta. Upacara dihadiri ribuan aparatur sipil negara (ASN) Pemprov DKI.

Dalam pidato sambutan, Anies menuturkan, banyaknya sejarah yang lahir di Jakarta karena warga Betawi mampu terbuka dengan budaya lain. Jakarta telah menjadi simpul percontohan persatuan Indonesia karena kemajemukan masyarakatnya. Karena itu, Anies mengajak warga Jakarta mengisi kemerdekaan ini dengan semangat persatuan.

"Di Kota Jakarta ini pula deklarasi-deklarasi penting yang menyangkut bangsa dan negara dilaksanakan. Itu semua berkat masyarakat Betawi yang telah memfasilitasi terjadinya persimpulan antarseluruh unsur bangsa Indonesia," kata Anies di Pantai Maju, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Anies menegaskan, hari kemerdekaan harus dijadikan landasan agar rakyat Indonesia tetap menjaga kesatuan Indonesia agar tetap kokoh, kuat, dan senantiasa rukun, bersatu padu dalam bingkai persatuan.

BACA JUGA: Anies Wajibkan ASN DKI Upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi

Perbedaan alamiah secara historis, geografis, sosial, etnis, maupun agama, kata Anies, harus disikapi dengan bijak. Walaupun berbeda, namun hendaknya seluruh masyarakat memiliki satu tekad dan tujuan yang sama. Menyatukan yang berbeda hanya dapat terlaksana apabila ada toleransi dengan menjadi ikatan ideologi.

"Mari kita terus merajut kebersamaan. Walau pernah ada perbedaan pandangan pilihan pada masa pemilu kemarin, mari bersama bersatu membangun Indonesia yang lebih maju, yang lebih kuat, yang lebih unggul untuk mewujudkan masyarakat yang bahagia, sejahtera, adil dan makmur," kata dia.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini juga mengajak warga untuk mengisi kemerdekaan ini dengan peran nyata mewujudkan kemandirian, terus memperkuat persatuan dan kesatuan, meningkat kualitas pribadi dan daya saing, sehingga bangsa Indonesia khususnya masyarakat DKI Jakarta menjadi warga yang maju.

"Mari kita lakukan peningkatan kualitas manusia, peningkatan kebudayaan riset untuk menghasilkan inovasi. Karena hal ini menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas manusia, dan meningkatkan daya saing bangsa," ujarnya.


Editor : Zen Teguh