PKS: Parpol Pendukung Prabowo-Sandi Paling Baik Jadi Oposisi

Aditya Pratama ยท Sabtu, 27 Juli 2019 - 13:16:00 WIB
PKS: Parpol Pendukung Prabowo-Sandi Paling Baik Jadi Oposisi
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera. (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak mempermasalahkan pertemuan yang terjadi antara presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan rivalnya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto, beberapa waktu lalu. Partai berlambang sabit kembar itu juga tidak ambil pusing dengan pertemuan antara Prabowo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, belum lama ini.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan, pengucapan selamat kepada Jokowi oleh Prabowo pun adalah hal yang wajar dilakukan. Namun, komunikasi politik itu menurut dia semestinya juga dibarengi dengan penegasan sikap politik untuk lima tahun ke depan.

“Dari awal saya setuju Pak Prabowo ketemu Pak Jokowi, monggo. Mengucapkan selamat ke Pak Jokowi, monggo. Tetapi, pada saat itu berbarengan usulan saya menyatakan, ‘kami oposisi’,” ujar Mardani dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk ‘Utak-Atik Manuver Elite’ di d'Consulate Resto, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2019).

Anggota DPR itu menuturkan, seluruh unsur pendukung pasangan Prabowo-Sandi pascapelaksanaan Pilpres 2019 paling baik secara etika dan logika adalah bergabung dalam oposisi. “Kenapa? Karena oposisi itu sehat. Bukan cuma itu, ketika negara kita sedang berdemokrasi dan sekarang ini tingkat partisipasi publik tinggi sekali, 81 persen lebih,” kata Mardani.

Penggagas #2019GantiPresiden itu berpendapat, menjadi oposisi adalah sekaligus mengakomodasi keinginan pemilih yang telah mendukung Prabowo-Sandi. Jika para pemilih diedukasi dengan menjadi oposisi, kemarahan mereka akan menjadi energi positif untuk mengawal pemerintahan.

“(Pemilih) tidak lagi bicara Pak Jokowi sebagai personal, tapi mana kebijakan publiknya? Nah itu yang akan menjadi kontestasi gagasan,” ucapnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Bagikan Artikel: