PNS Tetap Dapat Gaji saat Cuti Banjir, BKN: Tunjangan Kinerja Mungkin Dipotong

Dita Angga · Selasa, 23 Februari 2021 - 13:30:00 WIB
PNS Tetap Dapat Gaji saat Cuti Banjir, BKN: Tunjangan Kinerja Mungkin Dipotong
PNS yang mengajukan cuti karena terdampak banjir selama sebulan tetap digaji. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan pegawai negeri siil (PNS) yang terdampak banjir bisa mengajukan cuti maksimal sebulan tanpa mengurangi jatah cuti tahunan. PNS yang cuti selama sebulan juga dijamin tetap memperoleh gaji.

Plt Karo Humas BKN, Paryono mengatakan Pasal 332 PP No 11/2017 tentang Manajemen PNS menyebut selama menggunakan hak atas cuti karena terdampak banjir, PNS yang bersangkutan menerima penghasilan PNS. Namun dia menyebut ada komponen penghasilan yang kemungkinan dipotong jika seorang PNS cuti sebulan karena banjir yaitu tunjangan kinerja atau tukin.

“Kalau gaji tetap. Kalau tunjangan kinerja kemungkinan dipotong. Karena tidak berkinerja, tidak masuk,” ucapnya di Jakarta, Selasa (23/2/2021).

Paryono menjelaskan cuti yang diajukan PNS yang terdampak banjir bisa dikategorikan dalam cuti alasan penting. Cuti kategori tersebut menurutnya memang diatur maksimal satu bulan.

“Seperti tahun lalu, waktu ada banjir itu PNS boleh mengajukan cuti alasan penting. Karena terjadi bencana alam atau kebakaran,” katanya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2