Polda Metro Perpanjang Masa Berlaku SIM ODP dan PDP Virus Corona

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 23 Maret 2020 - 18:15 WIB
Polda Metro Perpanjang Masa Berlaku SIM ODP dan PDP Virus Corona

Markas Polda Metro Jaya. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberikan dispensasi masa perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) kepada orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona atau covid-19. Bagi ODP dan PDP yang masa berlaku SIM-nya habis saat menjalani karantina tidak diwajibkan membuat SIM baru.

Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Lalu Hedwin mengatakan, mereka cukup melakukan perpanjangan SIM dengan membawa surat keterangan resmi dari rumah sakit. "Mereka dapat melakukan proses perpanjangan SIM setelah dinyatakan sehat dengan membawa surat keterangan dari rumah sakit," katanya saat dihubungi, Senin (23/3/2020).

Hedwin menuturkan, dispensasi juga diberikan kepada masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis pada 17 hingga 30 Maret 2020. Mereka diberi dispensasi untuk melaksanakan perpanjangan SIM setelah 30 Maret 2020.

"Kebijakan dispensasi ini dapat dilaksanakan di seluruh satpas, gerai, dan SIM keliling seluruh Indonesia," ujarnya.

Hingga kini, Hedwin mengungkapkan, Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polda Metro Jaya di Jalan Daan Mogot tetap beroperasi seperti halnya Satpas SIM lainnya. Protokol pencegahan Covid-19 dan program physical distancing juga diberlakukan.

"Kami siapkan hand sanitizer dan setiap pengunjung diperiksa suhu tubuhnya. Kemudian, kami juga siapkan klinik kesehatan dan tenaga medis. Petugas pakai masker dan sarung tangan. Setiap hari kita lakukan minimal dua kali penyemprotan disinfektan di seluruh area dan sarana Satpas," tuturnya.

Editor : Djibril Muhammad