Polisi Tetapkan 61 Tersangka Kasus Karhutla di 6 Provinsi

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 12 Agustus 2019 - 17:25 WIB
Polisi Tetapkan 61 Tersangka Kasus Karhutla di 6 Provinsi

Pekerja menyekat api di lahan gambut yang terbakar di Kumpeh Ulu, Muarojambi, Jambi, Jumat (9/8/2019). Polisi menetapkan 61 tersangka karhutla di enam provinsi hingga Senin (12/8/2019) ini. (Foto: Antara/Wahdi Septiawan).

JAKARTA, iNews.id – Jumlah tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus bertambah. Hingga Senin (12/8/2019) ini polisi telah menetapkan 61 orang tersangka atas karhutla di enam provinsi di Indonesia.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, di antara para tersangka ada yang telah selesai menjalani proses penyidikan dan segera menjalani persidangan. Lainnya masih dalam tahap pemberkasan.

"Semuanya (tersangka) ada 61 dari 68 kasus," kata Dedi di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019).

Dedi menjelaskan, kasus karhutla di enam provinsi itu meliputi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Barat (Kalbar), Jambi, Riau dan Sumatera Selatan (Sumsel).

Di Polda Riau, dari 29 kasus karhutla seluas 204,9 hektare, sebanyak 10 orang ditetapkan tersangka. Di Jambi terdapat 4 kasus dengan 2 tersangka dengan luas lahan yang terbakar mencapai 42 hektare.

”Kalbar ada 14 kasus dengan 18 tersangka dan luas areal terbakar 20,4 hektare. Kemudian Kalimantan Tengah ada 22 kasus dengan 21 tersangka dan luas areal terbakar 34,48 hektar," ujarnya.

Menurut Dedi, untuk Sumsel dan Kalsel ditemukan area karhutla terbakar, namun belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka.

Sejumlah berkas tersangka, kata dia, telah dilimpahkan ke kejaksaan. Sebagi contoh, di Polda Riau 13 berkas telah sampai pada proses penuntutan

"Kemudian di Polda Kalimantan Barat ada 2 kasus, Polda Kalimantan Tengah ada 1 kasus, itu juga sudah tahap 2. Yang lainnya masih dalam proses sidik," kata dia.

Pada Minggu (11/8/2019) kemarin Dedi mengungkapkan bahwa 27 orang berstatus tersangka dalam peristiwa karhutla di berbagai daerah ini. Selain itu terdapat satu korporasi yang juga ditetapkan tersangka yaitu PT SSS (perusahaan sawit).

“Satu korporasi yaitu PT SSS yang telah ke tahap penyidikan dan sedang dalam proses,” ucapnya.

Editor : Zen Teguh