Politikus PDIP Ihsan Yunus Dipanggil KPK terkait Suap Bansos 

Arie Dwi Satrio · Rabu, 27 Januari 2021 - 11:50:00 WIB
Politikus PDIP Ihsan Yunus Dipanggil KPK terkait Suap Bansos 
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta Selatan. (Foto: iNews.id/Riezky Maulana)

JAKARTA, iNews.id - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Politikus PDIP, Ihsan Yunus, pada hari ini, Rabu (27/1/2021). Mantan Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi.

Sedianya, Ihsan Yunus akan digali keterangannya atas kasus dugaan suap terkait pengadaan bantuan sosial (bansos) untuk penanganan Covid-19 di wilayah Jabodetabek. Keterangan Ihsan  Yunus dibutuhkan untuk sekaligus melengkapi berkas penyidikan tersangka Adi Wahyono (AW).

"Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk penyidikan tersangka AW," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Rabu (27/1/2021).

Selain Ihsan Yunus, penyidik juga memanggil satu saksi lainnya untuk melengkapi berkas penyidikan Eko Wahyono yakni, Eko Budi Santoso selaku Ex ADC Mensos RI.

Sementara itu, ada dua saksi lainnya yang juga turut dijadwalkan pemeriksaannya pada hari ini untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Mensos Juliari Peter Batubara. Keduanya yakni, Direktur PT Integra Padma Mandiri, Budi Pamungkas dan Direktur PT Mandala Hamonangan Sude, Rajif Bachtiar Amin.

Sekadar informasi, penyidik sebelumnya sempat menggeledah dua lokasi pada Selasa, 12 Januari 2021. Dua lokasi yang digeledah itu yakni, rumah di Jalan Raya Hankam Nomor 72 Cipayung, Jakarta Timur dan rumah di Perum Rose Garden Nomor 15, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun,  salah satu rumah yang digeledah itu merupakan milik orangtua mantan Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ihsan Yunus, yang kini menjabat sebagai anggota Komisi II DPR.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2