Polri: Hasil Pencocokan Tim Inafis, Memang Benar Wajah Djoko Tjandra

Irfan Ma'ruf ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 11:49 WIB
Polri: Hasil Pencocokan Tim Inafis, Memang Benar Wajah Djoko Tjandra

Djoko Tjandra. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Tertangkapnya buron Djoko Tjandra tidak hanya melahirkan apresiasi namun juga tanya. Salah satu pertanyaan yang muncul yakni seputar perubahan wajah yang diduga dilakukan buron kasus hak tagih (cessie) Bank Bali tersebut.

Kepala Divisi Humas (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Bareskrim Mabes Polri telah mencocokkan wajah Djoko Tjandra saat sebelum menjadi buron dengan foto usai tertangkap. Hasilnya, yang ditangkap Polri pada Kamis, 30 Juli 2020 di Malaysia adalah benar Djoko Tjandra.

"Hasil pencocokan wajah oleh inafis dan hasil memang benar Djoko Tjandra," katanya saat dihubungi iNews.id, Sabtu (1/8/2020).

Pencocokan wajah Tim Inafis Bareskrim Polri dilakukan dengan teknologi pemindai wajah terhadap foto Djoko Tjandra untuk e-KTP dengan fotonya saat ditangkap tim Bareskrim Polri. Hasilnya, tingkat keidentikan keduanya mencapai 98,05 persen.

Pencocokan dilakukan karena banyaknya isu yang beredar terjadi sejumlah perubahan dalam raut wajah Djoko Tjandra. Perubahan drastis pada alis Djoko Tjandra yang terlihat lebih tebal.

Sebelumnya, Polri telah Djoko Tjandra ke Kejaksaan Agung (Kejagung) Jumat, 3 Juli 2020. Dalam penyerahan tersebut, turut hadir Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit, Kepala Rumah Tahanan Salemba Renharet Ginting, dan Jampidsus Kejaksaan Agung Ali Mukartono. Sejumlah pihak tersebut hadir untuk menandatangani surat berita acara.

Editor : Djibril Muhammad