Polri Kembalikan Berkas Tersangka Penyerangan Novel ke Kejati Jakarta

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 11 Februari 2020 - 12:10 WIB
Polri Kembalikan Berkas Tersangka Penyerangan Novel ke Kejati Jakarta

Penyidik senior KPK, Novel Baswedan saat ditemui di kediamannya di Kelapa Gading, Jakarta Utara. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Polri akan menyerahkan kembali berkas perkara dua tersangka penyerangan penyidik senior KPK, Novel Baswedan kepada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jakarta, Selasa (11/2/2020). Hal itu dilakukan setelah sebelumnya Polri mengadakan gelar perkara di rumah Novel di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (7/2/2020) lalu.

Sebelumnya Kejati Jakarta mengembalikan berkas perkara ke Polri karena dinyatakan belum lengkap atau P19. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan berkas itu telah dilengkapi sesuai syarat formal dan materiel yang kurang.

"Rencananya hari ini penyidik mengembalikan berkas perkara yang kemarin dinyatakan P19," ucapnya di Jakarta.

Argo menjelaskan gelar rekonstruksi digelar untuk melengkapi syarat formal dan materiel dalam perkara. Rekonstruksi tersebut menampilkan 10 adegan dan beberapa adegan tambahan dari pukul 03.30 WIB hingga 06.00 WIB.

Rekonstruksi itu didampingi kangsung oleh Pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta. Argo berharap berkas dinyatakan lengkap dan dua tersangka yaitu RK dan RB segera disidang.

"Mudah-mudahan lengkap sehingga tugas kita selesai," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Jakarta, Nirwan Nawawi mengatakan berkas perkara kasus tersebut dikembalikan ke Polri pada Selasa, 28 Januari 2020. Nirwan menyebut dikembalikannya berkas tersebut karena terdapat syarat formal dan materiel yang kurang dari tersangka berinisial RK.

"Sebagaimana Pasal 110 (2) KUHAP, dalam hal ini penuntut umum berpendapat hasil penyidikan tersebut ternyata kurang lengkap, penuntut umum segera mengembalikan berkas perkara itu kepada penyidik disertai petunjuk untuk dilengkapi," ucap Nirwan.

Editor : Rizal Bomantama