Prabowo Menteri Berkinerja Baik dan Populer, Dahnil: Itu Menjadi Cambuk

Felldy Utama ยท Senin, 17 Februari 2020 - 07:58 WIB
Prabowo Menteri Berkinerja Baik dan Populer, Dahnil: Itu Menjadi Cambuk

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi salah satu menteri berkinerja baik dan populer alias paling dikenal masyarakat. Penilaian itu terangkum dalam hasil survei Indobarometer 'Evaluasi Publik dan Isu-isu Nasional dalam 100 Hari Jokowi-Ma'ruf Amin.'

Juru bicara Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Dahni Simanjuntak mengatakan, ketua umum Partai Gerindra itu menyambut baik kepercayaan publik yang terekam dalam survei Indobarometer. Dia menyebut, penilaian berkinerja baik menjadi cambuk bagi Prabowo untuk bekerja lebih baik lagi.

"Pak Prabowo tentu berterima kasih kepada masyarakat yang menilai positif kinerja Pak Prabowo melalui survei Indobarometer tersebut," katanya saat dihubungi iNews.id, Minggu (16/2/2020) malam.

Menurut Dahnil, penilaian tersebut tentu akan menjadi pengingat bagi mantan Danjen Koppasus TNI itu untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab yang lebih baik lagi ke depannya. "Penilaian itu bisa menjadi cambuk agar beliau bisa bekerja lebih baik dan fokus," ujarnya.

Melalui hasil survei ini, Dahnil menegaskan, apa yang dilakukan Prabowo semata-mata menjalankan tugas negara khususnya di bidang pertahanan dan keamanan. "Selama ini Pak Prabowo hanya fokus pada tugas-tugas beliau sebagai Menhan bukan yang lain," kata mantan Ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah ini.

Hasil survei Indobarometer menunjukkan Prabowo Subianto jadi menteri yang paling dikenal masyarakat. Bahkan, mantan pesaing Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 itu dinilai sebagai menteri dengan kinerja paling baik.

Direktur Eksekutif Indobarometer, M Qodari menyampaikan, tidak hanya sampai di tingkat kepuasan presiden dan wakil presiden, lembaganya juga mengukur tingkat popularitas menteri Kabinet Indonesia Maju. Hasilnya, nama Prabowo keluar sebagai menteri yang paling dikenal publik.

"Dikumpulkan namanya terbanyak Prabowo Subianto 18,4 persen, kemudian Sri Mulyani 10,6 persen, lalu pendatang baru yang lain Erick Tohir 8,2 persen dan ada menteri rasa Wapres mahfud MD 7,9 persen," kata Qodari saat memaparkan hasil surveinya di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (16/2/2020).

Survei Indo Barometer dilakukan pada 9-15 januari 2020. Survei melibatkan 1.200 responden yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan ambang batas kesalahan (margin of error) +- 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden survei merupakan warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.


Editor : Djibril Muhammad