Prabowo Subianto Raih Elektabilitas Tertinggi, Pengamat: Faktor Jokowi

Felldy Utama ยท Jumat, 01 Juli 2022 - 20:05:00 WIB
Prabowo Subianto Raih Elektabilitas Tertinggi, Pengamat: Faktor Jokowi
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut mendapatkan elektabilitas tertinggi dari Generasi Z karena faktor Jokowi. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Di kalangan Generasi Z, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapat elektabilitas tertinggi berdasar hasil survei yang dilakukan Litbang Kompas dan dirilis, Rabu (22/6/2022). Dalam survei tersebut, Generasi Z memilih latar belakang capres pada Pemilu 2024 dari kalangan militer.

Generasi Z merupakan masyarakat Indonesia yang berusia di bawah 26 tahun. Dalam survei Litbang Kompas ini, Generasi Z yaitu mereka yang berusia 17 hingga 25 tahun. 

Kendati begitu, tidak semua sosok yang memiliki latar belakang militer (TNI-Polri) secara otomatis punya elektabilitas tinggi. Contohnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. 

Berdasarkan survei tersebut, pada responden generasi Z, Prabowo memiliki tingkat keterpilihan 28,9 persen. Sementara itu, di posisi kedua ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo dengan elektabilitas 23,1 persen. 

Merespons hasil survei itu, Pengamat Politik Igor Dirgantara menilai hal tersebut salah satunya disebabkan adanya kedekatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo yang sudah dimulai ketika mantan Danjen Kopassus ini menyetujui ajakan Presiden untuk bergabung di kabinet. 

Bahkan, sebelum bergabung dalam satu kabinet dengan Jokowi, Igor menyatakan Prabowo merupakan 'suporter utama' Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta 2012.

"Kedatangan putra Jokowi, Gibran Rakabuming, belajar naik kuda di Hambalang kemarin juga sinyal kuat silaturahmi antara Jokowi dan Prabowo juga akan terus berjalan. Karena Wali Kota Solo tersebut juga bakal didukung oleh Prabowo jika maju di Pilgub DKI Jakarta yang akan datang," kata Igor, Jumat (1/7/2022).

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda