Prabowo Upayakan Tiap Kabupaten/Kota Ada Satu Batalion Komponen Cadangan

Carlos Roy Fajarta ยท Minggu, 27 November 2022 - 01:56:00 WIB
Prabowo Upayakan Tiap Kabupaten/Kota Ada Satu Batalion Komponen Cadangan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (foto: Antara)

PALU, iNews.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut komponen cadangan penting bagi pertahanan negara. Dia pun mengupayakan agar di tiap kabupaten/kota ada satu batalion komponen cadangan.

"Pertahanan penting bagi stabilitas negara, sehingga dipandang perlu mewujudkan komponen cadangan. Kami upayakan setiap kabupaten/kota ada satu batalion cadangan," kata Prabowo di Musyawarah Nasional (Munas) XI Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (26/11/2022).

Dia menjelaskan, pertahanan nasional adalah pertahanan keamanan rakyat semesta (hankamrata) sebagaimana amanat Undang-Undang Tahun 1945. Kemudian juga diperkuat dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Sistem pertahanan ini melibatkan seluruh rakyat sebagai warga negara dan sumber daya nasional lainnya untuk dipersiapkan secara dini terkoordinasi oleh pemerintah dengan totalitas, terarah, terpadu, berkesinambungan dan berkelanjutan.

"Untuk mewujudkan itu, maka ada namanya bela negara. Bela negara di masing-masing daerah harus dimasifkan untuk kepentingan nasional," ujar Prabowo.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda