Presiden Jokowi Teken Keppres TGIPF Tragedi Stadion Kanjuruhan, Ini Isinya

Arie Dwi Satrio ยท Kamis, 06 Oktober 2022 - 00:17:00 WIB
Presiden Jokowi Teken Keppres TGIPF Tragedi Stadion Kanjuruhan, Ini Isinya
Presiden Joko Widodo (tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meneken Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2022 tentang pembentukan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) peristiwa Stadion Kanjuruhan. Berdasarkan salinan Keppres, TGIPF berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

"Membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta peristiwa Stadion Kanjuruhan Malang, yang selanjutnya dalam Keputusan Presiden ini disebut TGIPF," dikutip dari salinan Keppres.

Dalam Keppres tersebut, TGIPF mempunyai tugas mencari, menemukan dan mengungkap fakta dengan didukung data dan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan terkait tragedi Kanjuruhan.

Kemudian, TGIPF melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan pertandingan sepak bola antara Arema melawan Persebaya. Terrmasuk soal prosedur pengamanan.

TGIPF mempunyai kewenangan melakukan koordinasi, meminta bantuan dan memanggil berbagai pihak yang mengetahui terjadinya peristiwa tersebut, baik secara langsung maupun melalui aparat penegak hukum dan/atau aparat keamanan.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda