Proaktif Kontrol Iklan Bernuansa Pornografi, Dewan Pers: Ini sudah Jauh dari Etika Konten
JAKARTA, iNews.id - Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers, Yadi Hendriana mengatakan akan secara proaksi dan proaktif melakukan fungsi kontrol terhadap iklan bernuansa pornografi di sejumlah platform media saat ini. Yadi menegaskan iklan seperti itu melanggar kode etik.
"Kenapa kami concern di media digital karena iklan programatic yang tidak dikontrol oleh media tetapi dikontrol oleh vendor programatic beberapa di Indonesia itu sudah jauh meninggalkan etika konten. Jadi betul bahwa kami akan proaksi dan proaktif melakukan pengontrolan," kata Yadi saat acara Dewan Pers Menyapa di Jakarta, Jumat (3/3/2023).
Yadi menilai iklan bernuansa pornografi melanggar kode etik jurnalistik. Selain itu, dinilai sangat 'tricky' seolah konten padahal bukan konten berita.
"Karena iklan tersebut rasa-rasanya sudah melanggar kode etik jurnalistik berbau pornografi dan tricky. Tricky-nya apa? Iklan itu seolah olah konten yang padahal bukan konten berita itu tricky namanya. Jadi ini berbahaya sekali, keluhan masyarakat luas sangat banyak sekali terhadap iklan-iklan tersebut media yang diakses media-media yang bagus tetapi ketika ada iklan berbau pornografi tricky ke konten dll bahkan ketika lading page-nya konten porno jelas melanggar etika. Kami akan secara proaktif mengundang para vendor programatic dan media yang bersangkutan," ujar Yadi.
Sebelumnya, Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu menyoroti fenomena banjir iklan bernuansa pornografi di sejumlah platform media di Indonesia. Dia menyebut tidak segan untuk memanggil media yang masih menyediakan ruang untuk iklan bernuansa pornografi hingga merendahkan martabat manusia.