Profil Dunadi, Seniman Yogya Pembuat Patung Soekarno Naik Kuda di Kemhan

Riezky Maulana ยท Minggu, 06 Juni 2021 - 21:09:00 WIB
Profil Dunadi, Seniman Yogya Pembuat Patung Soekarno Naik Kuda di Kemhan
Seniman asal Yogyakarta Dunadi merupakan pembuat patung Bung Karno Naik Kuda di kantor Kemhan yang diresmikan Menhan Prabowo Subianto, Minggu (6/6/2021). (Foto: dok.pri; Antara).

JAKARTA, iNews.id - Pemandangan baru terhampar di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Patung Bung Karno Naik Kuda berdiri kokoh menghiasi pelataran.

Patung Bung Karno diresmikan Menhan Prabowo Subianto, Minggu (6/6/2021). Peresmian ini istimewa karena bertepatan dengan hari lahir Sang Proklamator yang juga Presiden Pertama RI, Soekarno.

“Patung ini adalah ketika Presiden Soekarno sebagai Panglima Tertinggi kita yang pertama pada Hari Angkatan Perang yang pertama yaitu 5 Oktober 1946 di Yogyakarta menjadi inspektur upacara,” katanya saat menyampaikan sambutan, Minggu (6/6/2021).

Patung Bung Karno Naik Kuda di halaman kantor Kemhan yang diresmikan Menhan Prabowo Subianto, Minggu (6/6/2021). (Foto: Kemhan)..
Patung Bung Karno Naik Kuda di halaman kantor Kemhan yang diresmikan Menhan Prabowo Subianto, Minggu (6/6/2021). (Foto: Kemhan)..

Hadir dalam peresmian ini putri Bung Karno yang juga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo (putra Megawati), Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kepala BIN Budi Gunawan, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, Menkumham Yasonna Laoly dan Menteri KKP yang juga mantan Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono.

Dalam akun resmi Twitter, Kemhan menyebut patung ini merupakan karya seniman Yogyakarta, Dunadi. Patung berbobot 3 ton.

“Monumen Dr. (H.C.) Ir. Soekarno sedang Berkuda adala karya Seniman Dunadi dari Yogyakarta dengan tinggi 6,5 meter, panjang 7,6meter, dan lebar 2,6 meter, berbahan logam campuran, ketebalan cor 2,5mm-4mm, dengan warna patung perunggu kimia bakar serta berat kurang lebih 3 ton,” bunyi cuitan Kemhan.

Profil Dunadi

Dunadi bukan sosok baru dalam dunia seni patung Indonesia. Berbagai karya telah dilahirkan seniman kelahiran Bantul, DI Yogyakarta ini.

Patung Bung Karno Berkuda di Kemhan juga bukan pertama yang diciptakannya. Beberapa waktu lalu, dia telah membuat patung serupa yang kini berdiri gagah di Jalan Ir Sutami Solo.

Dunadi, merupakan pemilik Studio Satiaji Sculpture & Art Work Yogyakarta. Dalam rekam jejaknya, lulusan Seni Rupa, Program Studi Seni Patung, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta, 1988 itu telah 15 kali membuat patung Bung Karno.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 3