Profil Sofian Sibarani, Arsitek Lulusan ITB di Balik Desain Nagara Rimba Nusa

Riezky Maulana ยท Rabu, 25 Desember 2019 - 05:01 WIB
Profil Sofian Sibarani, Arsitek Lulusan ITB di Balik Desain Nagara Rimba Nusa

Arsitek Sofian Sibarani saat memaparkan desain Nagara Rimba Nusa di Kementerian PUPR beberapa waktu lalu. (Foto: Setpres).

JAKARTA, iNews.id – Dewan Juri Sayembara Desain Kawasan Ibu Kota Negara telah menetapkan rancangan berjudul “Nagara Rimba Nusa” sebagai pemenang. Pengumuman dilaksanakan di kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Senin (23/12/2019) lalu.

Dewan Juri juga menetapkan desain berjudul “The Infinite City” sebagai pemenang kedua dan “Seribu Galur” sebagai pemenang ketiga. Selanjutnya desain berjudul “Zamrud Khatulistiwa” ditetapkan sebagai pemenang Harapan I dan desain “Banua Rakyat Nusantara” sebagai pemenang Harapan II.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, Ibu Kota Negara nantinya tidak hanya harus bagus tapi juga harus memiliki pembeda dengan ibu kota lain di dunia. Tiga desain pemenang utama Sayembara Gagasan Kawasan Ibu Kota Negara, kata dia, ini nantinya akan dikolaborasikan dan disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Seperti diketahui, Ibu Kota Negara akan dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Lokasi ibu kota baru itu tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara. Rencana pemindahan ibu kota ini telah disampaikan Presiden Joko Widodo kepada DPR dan pimpinan lembaga tinggi negara. 

BACA JUGA: Presiden Jokowi Tak Mau Ibu Kota Baru Jadi Kota Mahal dan Sepi Penduduk

Nagara Rimba Nusa diciptakan arsitek Sofian Sibarani dan timnya di Urban+. Desain ini terinspirasi dari kekayaan alam Indonesia, termasuk hutan dan kepulauan Nusantara. Desain ini mengusung slogan Transformasi Peradaban Bangsa Indonesia.

Sofian Sibarani merupakan alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) 1997. Di kampus Ganesha itu dia menyelesaikan tugas akhir berjudul “Fasilitas Komersial yang Terpadu dengan Stasiun Kereta Api Bogor”.

Dikutip dari Omah Library, ketika belajar arsitektur, Sibarani Sofian lebih banyak berfokus pada bagaimana menyelesaikan masalah dan sistem. Namun dalam perjalanannya dia menemukan ketertarikan pada desain perkotaan (urban design).

Desain Nagara Nusa Rimba yang memenangi sayembara desain ibu kota negara. (Foto: Kemen PUPR).

Ada alasan mengapa dia tertarik di dunia itu. Menurutnya celah tersebut yang belum banyak diisi. Tugas akhirnya pun tergolong sangat besar skalanya, walaupun sempat diragukan untuk selesai. Tetapi dia dapat menyelesaikan hingga detail bangunan

Lulus dari kuliah pada 1997, dia mendirikan Urban+ pada akhir 2016. Dikutip dari Constructionplusasia, Urban+ diisi beberapa ahli perkotaan dan desain utama untuk membantu pemerintah dan swasta dalam menciptakan proyek perkotaan yang menarik.

Dari ITB, Sofian melanjutkan pendidikan magister di bidang Pengembangan dan Desain Urban di Universitas New South Wales, Sydney, Australia

Setelah menyelesaikan pendidikannya itu, Sofian sempat bekerja di TAK Design dan RSP Architects, Singapura. Dia juga mengasah kemampuannya di SOM Asia dan EDAW Asia, Hong Kong. Selanjutnya dia juga pernah berkarier di AECOM Singapura pada 2007.

ECOM mengakuisisi EDAW Asia, dan dia diminta untuk membuka divisi Perencanaan dan Desain di Singapura. Pada 2011, Sofian pindah ke Jakarta untuk membuat Perencanaan dan Desain di Indonesia hingga meninggalkan AECOM pada 2016.

BACA JUGA: Terinspirasi Archipelago, Ini Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Baru

Di Urban+ , Sofian dan timnya memelopori beberapa perencanaan strategis yang digerakkan oleh infrastruktur (yaitu pengembangan berorientasi transit, Aerotropolis dan Port City) dan komunitas perencanaan utama lainnya atau proyek-proyek penggunaan campuran, dengan tujuan mengembangkan suatu lingkungan yang dibangun lebih baik.

Dalam menjalankan profesi sebagai urban designer, dia menyadari perlu adanya pemahaman tentang kota dan pemikiran di skala yang lebih besar. Karena itu, dia berpandangan orang yang menekuni profesi ini perlu pergi berkeliling melihat tempat-tempat di berbagai kota, mengamati system dan merasakan suasana yang dibangunnya.

Mengenai desain Nagara Rimba Nusa, dia menuturkan bahwa rancangan ini terinspirasi dari khasanah Indonesia. ”Dari kekayaan alam kita dan Nusantara, yaitu air dan juga kepulauan,” ujarnya dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Selasa (24/12/2019).


Editor : Zen Teguh