Program Tenaga Kerja Migran Perbatasan Antarkan Bupati Kepulauan Talaud Boyong KDI 2022

muhammad farhan ยท Jumat, 23 September 2022 - 01:29:00 WIB
Program Tenaga Kerja Migran Perbatasan Antarkan Bupati Kepulauan Talaud Boyong KDI 2022
Bupati Elly usai menghadiri ajang Malam Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif KDI 2022 (foto: MPI)

SEMARANG, iNews.id - Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk Kategori Ekonomi diberikan kepada Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut. Penghargaan ini tidak luput dari kinerja Bupati Elly dengan inovasi Program Tenaga Kerja Migran Perbatasan. 

Penghargaan Kepala Daerah Inovatif merupakan signature program yang menjadi komitmen MNC Portal Indonesia dan Koran SINDO kepada para kepala daerah berprestasi. Malam puncak KDI 2022 disiarkan secara live streaming di enam portal MPI, yaitu Okezone, Sindonews, iNews.id, IDX Channel, Celebrities.id, dan Sportstars.id dari Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022) malam.

KDI 2022 yang mengusung tema Inovasi Untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong Era Society 5.0, ini Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.

Bupati Elly mengatakan, penghargaan ini tidak terlepas dari hasil kerja keras semua pihak dalam menjalankan Program Tenaga Kerja Migran Perbatasan. Tak hanya itu, Elly mengucapkan terima kasih kepada MNC Portal Indonesia yang telah memberikan apresiasi Kepala Daerah Inovatif tahun 2022.

"Prestasi yang kami raih adalah dengan kategori penanganan Covid, yang berdampak pada ekonomi rakyat, dimana upaya yang kami lakukan adalah melakukan penanganan Covid dengan mengingat dampak ekonomi yang bisa saja terjadi akibat dari krisis yang melanda," katanya. 

Kabupaten Kepulauan Talaud yang berbatasan dengan negara Filipina merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara. Mayoritas masyarakat Talaud berprofesi sebagai nelayan. Kondisi ini tentu jadi tantangan bagi Bupati Elly untuk meningkatkan ekonomi warga dari berbagai aspek.  

Di tengah keberadaan Talaud yang minim pendapatan daerahnya, tidak membuat Bupati Elly patah arang untuk mencari solusi meningkatkan perekonomian masyarakat, serta mengurangi tingkat pengangguran.

Pengiriman Tenaga Kerja ke Luar Negeri

Salah satu inovasi fenomenal yang diciptakan Bupati Elly yakni Program Tenaga Kerja Migran Perbatasan. Melalui program ini ia memprioritaskan putra daerah untuk dikirim sebagai tenaga kerja ke Jepang, dengan menggunakan anggaran daerah. Sisi lain, segala perekrutan, pelatihan bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) digratiskan Pemkab Talaud. 

Dalam mengimplementasikan Program Tenaga Kerja Migran Perbatasan, Bupati Elly mewajibkan  setiap desa untuk mengirim 10 anak muda menjadi  calon tenaga kerja migran. Hal itu dilakukan karena program tersebut menargetkan calon tenaga kerja migran asal Talaud yang berasal dari keluarga tidak mampu sebanyak 2.000 orang.

Program ini ternyata efektif menurunkan tingkat kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Talaud.  Pada 2020 tingkat kemiskinan berada pada angka 9,49 persen dan melalui kerja keras semua pihak, kemiskinan di Talaud menurun pada angka 9 persen.

Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna hadir membuka Malam Puncak Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022. Tak hanya Agung, hadir juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.

"Kita menghadapi kenyataan bahwa begitu banyak masalah dalam konteks sumber daya dan regulasi. oleh karena itu dibutuhkan terobosan, inovasi. Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati, dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," kata Agung.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda