Puluhan Tahun Warga Dambakan Kehadiran Tempat Ibadah di Kampung Tanetea

Tim iNews.id · Sabtu, 25 Juni 2022 - 18:05:00 WIB
Puluhan Tahun Warga Dambakan Kehadiran Tempat Ibadah di Kampung Tanetea
Warga biasa salat masing-masing di rumah, atau menjadikan salah satu rumah warga lain sebagai tempat untuk berjemaah.

JAKARTA,  iNews.id – Kemajuan zaman secara bersamaan mendorong pula pembangunan di tengah masyarakat. Namun hal berbeda harus dirasakan oleh mereka yang tinggal di pelosok wilayah, yang sulit tersentuh oleh perubahan tersebut.

Salah satunya dirasakan oleh masyarakat Kampung Tanetea, Dusun Ompoa, Desa Bontotanganga, Kabupaten Gowa. Keberada di pelosok wilayah, membuat pembangunan sulit menyentuh mereka, termasuk untuk tempat ibadah warga kampung.

“Selama 20 tahun terakhir ini perlahan warga yang tinggal semakin bertambah, dan tentunya kami di sini sangat membutuhkan fasilitas yang memadai juga. Apalagi permasalahan ibadah,” kata Badu salah satu tokoh masyarakat Kampung Tanetea.

Musala maupun masjid sulit dijangkau oleh warga, ditambah kondisi jalan bebatuan yang licin turut menjadi perhatian. Jalan ini ditempuh kurang lebih dua kilometer dengan berjalan kaki jika warga ingin hendak melaksanakan salat berjemaah di masjid ataupun aktivitas lain. 

“Di sini kalau bukan salat Jumat atau tarawih, kami jarang salat berjemaah. Ibadahnya di rumah masing-masing,” tutur Udin seorang guru mengaji di Tanetea.

Salah satu warga akhirnya mewakafkan sebidang tanah kosong untuk pembangunan musala. Tetapi tentu untuk mendirikan bangunan memerlukan biaya.

Sementara latar belakang pekerjaan masyarakat yang mayoritas sebagai buruh tani, dirasa belum cukup untuk membangun rumah ibadah. Warga berharap, musala di Kampung Tanetea segera bisa terbangun agar para mereka bisa beribadah lebih tenang tanpa harus jauh-jauh lagi ke luar perkampungan.

Karena itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan, berikhtiar membantu pembangunan ini. Masyarakat bisa ikut berdonasi dengan menginfakkan sebagian harta guna membantu pembangunan.

“ACT Sulawesi Selatan juga mengajak Sahabat Dermawan berpartisipasi turut mendukung untuk menghadirkan musala untuk saudara muslim di Kampung Tanetea dengan sedekah terbaikmu. Bantuan kemanusiaan dapat ditunaikan melalui tautan Indonesia Dermawan, atau melalui rekening BSI di nomor 716 417 0645 dengan konfirmasi transfer via WhatsApp ke nomor 0821 9224 1414 atau mengunjungi halaman Instagram @act_sulsel,” tutur Firman dari Tim Program ACT Sulawesi Selatan.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda