Ramai soal Gerai Mixue Ada di Mana-mana, Pakar Unair Ungkap Rahasianya
JAKARTA, iNews.id - Gerai Mixue tengah menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, gerai toko es krim ini secara masif dibuka di berbagai tempat.
Dosen strategi pemasaran Universitas Airlangga (Unair) Sri Hartini pun buka suara terkait hal ini. Menurut ia menjamurnya gerai Mixue merupakan fenomena yang menarik karena berhasil menerapkan konsep-konsep marketing strategy dengan tepat.
Hartini menjelaskan, ada empat cara yang paling banyak digunakan oleh perusahaan dalam marketing strategy, yaitu price, product, place, dan promotion. Dalam hal ini, Mixue berhasil menggunakan keempat tools tersebut.
Hartini menjelaskan harga produk Mixup relatif murah. Dalam teori marketing strategy, hal itu disebut dengan penetration pricing dan bisa memenangkan pasar.
“Memang Mixue ini sengaja merebut pasar-pasar es krim yang sudah ada dengan harga yang paling murah. Kita tidak tahu ke depannya kalau penetration pricing itu memang menawarkan harga yang paling murah atau nanti ketika kompetitor lain sudah tidak ada, pelan-pelan menaikkan harga,” ucap dia dikutip dari laman resmi Unair, Jumat (6/1/2023).