Rapat di DPR, Bareskrim Sampaikan Kesulitan Mencari Buronan Honggo Wendratno

Felldy Utama ยท Rabu, 19 Februari 2020 - 19:55 WIB
Rapat di DPR, Bareskrim Sampaikan Kesulitan Mencari Buronan Honggo Wendratno

Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Komisi III DPR mengelar rapat dengan Polri, Rabu (19/2/2020). Salah satu pembahasan rapat mengenai perkembangan pencarian buronan kasus dugaan korupsi penjualan kondensat oleh PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), Honggo Wendratno.

Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, belum berhasil menangkap Honggo Wendratno. Salah satu kendalanya karena otoritas Singapura tidak bisa membantu Polri untuk membawa pulang Honggo Wendratno karena statusnya sampai saat ini masih tersangka dalam kasus tersebut.

"Memang tidak ada bilateral dengan Singapura. Sehingga terkait proses pengembalian sebagai status tersangka ini kami mendapat kesulitan," ujar Listyo, di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Menurutnya, otoritas Singapura bisa membantu Polri jika sudah ada keputusan tetap dari pengadilan terhadap Honggo Wendratno. Saat ini, kata dia Polri telah melimpahkan berkas kasus Honggo ke Kejaksaan Agung.

"Nanti setelah keputusan inkrah, kami bisa koordinasi, bekerja sama dengan teman-teman Menkumham untuk melakukan proses MLA, sehingga bisa dihadirkan untuk menjalani vonis yang ditetapkan pengadilan," ucapnya.

Dalam pencarian Honggo, Bareskrim Polri bekerja sama dengan Interpol, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Imigrasi.

Editor : Kurnia Illahi