Satgas: Perayaan Kegiatan Keagamaan Harus Terapkan Protokol Kesehatan

Djibril Muhammad ยท Jumat, 30 Oktober 2020 - 13:52:00 WIB
Satgas: Perayaan Kegiatan Keagamaan Harus Terapkan Protokol Kesehatan
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta perayaan kegiatan keagamaan harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Langkah ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Imbauan ini mengingat akhir Oktober berlangsung libur panjang karena masa cuti bersama. Libur bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta pemerintah daerah dan satgas daerah memastikan kegiatan-kegiatan perayaan dilakukan berpedoman dengan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Dalam menyelenggarakan kegiatan keagamaan, Wiku menyarankan penyelenggara untuk mengacu pedoman lanjutan dalam edaran Menteri Agama tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman di Masa Pandemi.

"Pemda juga harus berkomunikasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda)," kata Wiku saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (27/10/2020).

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2