SEA Games Belum Jelas, KOI: Indonesia Fokus ke Asian Games 2022

Antara ยท Sabtu, 18 September 2021 - 02:36:00 WIB
SEA Games Belum Jelas, KOI: Indonesia Fokus ke Asian Games 2022
Sekjen KOI Ferry J Kono mengikuti rapat virtual bersama federasi negara-negara Asia Tenggara atau South East Asian Games Federation (SEAGF) membahas nasib SEA Games Vietnam (Foto: Antara/HO-NOC Indonesia)

JAKARTA, iNews.id - Penyelenggaraan SEA Games Vietnam hingga kini belum ada keputusan yang jelas. Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pun saat ini fokus terhadap kejuaraan yang digelar tahun 2022, termasuk Asian Games di Hangzhou.

Sekretaris Jenderal KOI Ferry J Kono menyebut setidaknya ada empat multievent internasional yang bakal diikuti Indonesia tahun depan, yaitu Asian Indoor & Martial Arts Games (AIMAG) di Bangkok-Chonburi, Thailand pada Maret, Islamic Solidarity Games (ISG) Turki (Agustus), Asian Games Hangzhou (September), serta Asian Youth Games Shantou (Desember).

“Hingga saat ini, kami masih fokus pada multievent yang masuk dalam kalender 2022. Apabila SEA Games diselenggarakan dan bertepatan dengan event tersebut, tentu akan sulit bagi kami berpartisipasi,” kata Ferry dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/9/2021).

“Tapi, ini belum bisa dipastikan hingga rapat South East Asian Games Federation (SEAGF) selanjutnya. Saya pikir, tim Indonesia harus fokus ke Asian Games. Jika SEA Games tetap ada, mungkin benar-benar sekadar menjadi sasaran antara saja karena negara ASEAN lainnya juga ada yang harus mengikuti Commonwealth Games,” ujarnya lagi.

Ferry mengakui selain padatnya agenda tahun depan, ketidakpastian SEA Games juga berpengaruh terhadap penganggaran pelatnas. Sebab, usulan anggaran harus diajukan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada November. Ada beberapa data pendukung yang harus disertakan, seperti waktu pelaksanaan dan cabang olahraga yang dipertandingkan.

Nasib penyelenggaraan SEA Games 2021 hingga kini belum menemui titik terang karena Vietnam selaku tuan rumah tak kunjung memberikan kepastian dalam rapat SEAGF.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: