Segera Gelar Rakernas, Partai Perindo Konsolidasi Internal Guna Pemenangan Pemilu 2024

Dominique Hilvy Febriani ยท Selasa, 25 Januari 2022 - 18:12:00 WIB
Segera Gelar Rakernas, Partai Perindo Konsolidasi Internal Guna Pemenangan Pemilu 2024
Ketua Pelaksana Rakernas Partai Perindo, Chris Taufik (foto: Dominique Hilvy Febriani)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Pelaksana Rakernas Partai Perindo, Chris Taufik, memaparkan agenda Rakernas yang akan dilaksanakan pada 29-31 Januari 2022 di Lido, Bogor. Dalam rangka persiapan Pemilu 2024, Partai Perindo melakukan optimalisasi dan konsolidasi internal.

“Kita sudah memulai beberapa waktu yang lalu, kita mengadakan rapat kerja dengan seluruh DPRD dari partai Perindo dan tahapan berikutnya adalah konsolidasi dengan jajaran Dewan Pimpinan Wilayah. Nanti akan dilanjutkan lagi dengan konsolidasi di seluruh tingkatan secara nasional,” kata Chris kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (25/1/2022).

Dia menegaskan konsolidasi internal tersebut adalah guna pemenangan Pemilu 2024. Rencana strategis Partai Perindo menuju Pemilu 2024 juga akan dibahas dalam Rakernas nanti.

“Iya pasti ada (strategi). Besok kita umumkan secara internal di dalam Rakernas. Tapi kalau secara umum kita akan fokus mengenai struktur, organisasi, bagaimana menumbuhkan soliditas, bagaimana penjaringan caleg,” jelasnya.

“Strategi itu antara lain ada yang internal dan eksternal. Kita kembali melanjutkan program-program menunjukkan kepedulian kita terjun ke masyarakat di tengah situasi yang memang tidak menggembirakan karena pandemi,” tambahnya.

Chris mengatakan, Partai Perindo telah mempersiapkan diri semaksimal mungkin dalam menghadapi tahapan verifikasi administrasi dan faktual partai politik yang dilakukan KPU pada April 2022 nanti. Menurutnya, yang paling utama bagi Partai Perindo adalah mengonsolidasikan semua kekuatan kepengurusan dan kader-kader yang sudah ada untuk pemenangan pemilu.

“Kalau kesiapan pasti kita siap, dimulai dengan Rakernas ini sebenarnya selain mengonsolidasi kita juga mau pengecekan secara langsung kesiapan itu. Pasti siap kan ini bukan yang pertama buat kita. Kita akan mengoptimalkan itu, tetapi karena memang ini baru mulai sehingga kita perlu menyamakan persepsi visi kita,” paparnya.

Chris menegaskan, Partai Perindo terus memperkuat konsolidasi dalam menghadapi Pemilu 2024. Hal ini dilakukan untuk meraih kemenangan dengan merebut kursi wakil rakyat sebanyak-banyaknya di berbagai tingkatan. Ia turut memaparkan persiapan yang dilakukan partai Perindo agar target tersebut bisa tercapai terutama menempatkan kader terbaik partai di DPR.

“Iya (target 2.500 kursi), waktu itu kan sudah disampaikan ya, mungkin lebih juga, kalau target itu kan setinggi-tingginya. Sekarang bagaimana caranya agar bisa mencapai target setinggi tingginya itu,” ungkapnya.

Untuk merebut kursi wakil rakyat sebanyak-banyaknya, selain upaya konsolidasi internal, Perindo juga akan melakukan sosialisasi dan implementasi program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Ada program-program yang artinya kita akan fokus untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat karena kan temanya agar bisa sejahtera,” terangnya.

Chris turut memaparkan bahwa Rakernas mencoba membidik sebanyak-banyaknya calon anggota legislatif pada pemilu 2024. Menurutnya, hal ini guna memadankan visi bersama untuk menunjukkan Partai Perindo inklusif, terbuka dan bisa menjangkau masyarakat di segala level yang lebih luas lagi.

“Konvensi rakyat kan sebenarnya untuk membuka partai Perindo menjadi partai yang inklusif jadi terbuka, nah kaitannya dengan Rakernas di tahap pelaksanaan itu kan perlu nggak hanya sekedar narasi, tapi perlu implementasi di lapangan, inilah untuk menyampaikan supaya bahasanya sama maka Rakernas ini diadakan supaya visi dan bahasa kita sama,” kata Chris.

Chris turut memaparkan poin penting terkait Bappilu yang akan dibahas dalam Rakernas. Antara lain mengenai struktur dan realitas politik di lapangan. “Realitas di lapangan itu apa artinya bagaimana kita menyikapi kompetisi dengan sahabat-sahabat dari partai lain, bagaimana kita mencoba untuk menformulasikan program yang menyentuh masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah membahas terkait keberadaan saksi di TPS guna mengamankan perolehan suara partai atau caleg di pemilu 2024. Menurutnya, diperlukan strategi menciptakan suatu sistem yang menjamin terjadinya transparansi, sehingga celah-celah potensi kecurangan pun diharapkan akan berkurang.

“Harus (keberadaan saksi TPS), kan itu juga dibahas salah satu instrumen yang ada di dalam sistem untuk menjaga jurdil. Itu pasti ada, cuma mekanisme nya bagaimana akan diinfokan lebih detail lagi,” tambahnya.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: