Sejarah Perjuangan RA Kartini untuk Kaum Wanita dan Biografinya Lengkap

puti aini yasmin · Rabu, 20 April 2022 - 13:46:00 WIB
Sejarah Perjuangan RA Kartini untuk Kaum Wanita dan Biografinya Lengkap
Sejarah Perjuangan RA Kartini

JAKARTA, iNews.id - Sejarah perjuangan RA Kartini untuk emansipasi di Tanah Air perlu diketahui oleh masyarakat untuk menumbuhkan rasa perjuangan. Berikut sejarah lengkap biografi RA Kartini.

Sejarah Perjuangan RA Kartini

Perjuangan RA Kartini singkat dimulai dari keinginannya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi setelah tamat sekolah dasar (SD). Namun, orang tuanya menentang keinginan tersebut.

Alhasil, ia pun harus berdiam diri di rumah. Walaupun begitu, Kartini tak serta merta menerima keadaan begitu saja. Ia diketahui banyak membaca buku mengenai kemajuan wanita di luar negeri sehingga membuatnya sadar bahwa keadaan Indonesia jauh tertinggal.

Melansir buku 'Ilmu Pengetahuan Sosial' terbitan Esis, dari situlah sejarah perjuangan RA Kartini dimulai untuk mendirikan sekolah bagi gadis-gadis di Jepara. Awalnya, murid di sekolah itu berjumlah 9 orang dari kalangan keluarga. Di sana, mereka diajarkan untuk menjahit, menyulam dan memasak.

Tak hanya itu, masa perjuangan RA Kartini juga dibagikan kepada temannya yang berada di Belanda bernama Abendanon. Kartini banyak menulis surat mengungkapkan cita-citanya untuk memajukan wanita Indonesia, serta menginginkan hak dan keinginan yang sama antara wanita dan pria.

Bahkan, dalam surat cerita R.A. Kartini lengkap itu ia mengatakan ingin memasuki sekolah guru di Belanda. Sayang, keinginan itu kandas karena ia harus menikah dengan Bupati Rembang bernama Raden Adipati Joyodiningrat.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda