Sekolah Dibuka Lagi, Mendikbud: SMP-SMA Dimulai Juli 2020, SD September

Felldy Utama, Rizki Maulana ยท Senin, 15 Juni 2020 - 19:06 WIB
Sekolah Dibuka Lagi, Mendikbud: SMP-SMA Dimulai Juli 2020, SD September

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperbolehkan kegiatan belajar-mengajar secara tatap muka di sekolah dimulai kembali. Tahap pertama akan diberlakukan pada sekolah menengah yaitu SMP dan SMA sederajat.

Mendikbud Nadiem Makariem mengatakan, Tahun Ajaran Baru 2020/2021 tetap dimulai pada Juli 2020. Namun tidak berarti kegiatan belajar-mengajar di sekolah dimulai kembali.

“Untuk daerah yang berada di Zona Kuning, Oranye, dan Merah, dilarang melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan. Satuan pendidikan pada zona-zona tersebut tetap melanjutkan Belajar dari Rumah (BDR),” kata Nadiem dalam konferensi pers secara virtual, Senin (15/6/2020).

Zona tersebut mewakili 94 persen peserta didik di seluruh Indonesia. Dengan demikian, 6 persen lainnya berada di Zona Hijau.

Nadiem menuturkan, hanya sekolah di Zona Hijau yang dapat menggelar belajar tatap muka. Itu pun harus memenhi syarat lain yaitu, pemerintah daerah mengizinkan, satuan pendikan atau sekolah bersangkuta telah memenuhi check list persiapan pembelajaran tatap muka, dan adanya persetujuan dari orangtua murid.

Jika keempat syarat terpenuhi, sekolah dapat menyelenggarakan kegiatan belajar secara tatap muka. Untuk tahap pertama, diperuntukkan bagi jejang menengah yaitu SMP/Madrasah Tsanawiyah dan SMA/SMAK/MAK/SMTK/SMAK serta Paket C dan B. Untuk sekolah dasar, baru dibolehkan dua bulan sesudahnya jika tetap dinyatakan aman.

“Pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan yang memenuhi kesiapan dilaksanakan secara bertahap, diawali dengan masa transisi selama dua bulan. Jika aman, dilanjutkan dengan masa kebiasaan baru,” ucap Nadiem.

Dia menegaskan, kesehatan dan keselamatan bagi peserta didik, tenaga pendidik dan masyarakat merupakan hal utama dalam penyelenggaraan pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini. Karena itu, seluruh protokol kesehatan harus tetap diterapkan jika sekolah dibuka kembali.

Berikut jadwal pembukaan sekolah:

1. Masa Transisi (dua bulan pertama).

- SMA, SMK, MA, MAK, SMP, MTs: paling cepat Juli 2020.
- SD, MI, dan SLB: paling cepat September 2020.
- PAUD: paling cepat November 2020.

2. Masa Kebiasaan Baru.

- SMA, SMK, MA, MAK, SMP, MTs: paling cepat September 2020.
- SD, MI, dan SLB: paling cepat November 2020.
- PAUD: paling cepat Januari 2021.

Editor : Zen Teguh