Selain Sisa Kebakaran, Puslabfor Polri Dalami Bekas Jalaran Api di Gedung Kejagung

Puteranegara Batubara ยท Selasa, 25 Agustus 2020 - 00:30 WIB
Selain Sisa Kebakaran, Puslabfor Polri Dalami Bekas Jalaran Api di Gedung Kejagung

Petugas Polisi dan Tim Puslabfor Mabes Polri tengah berada di gedung Kejagung yang terbakar pada Sabtu (22/8/2020). (foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Polisi telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung) di Jakarta Selatan. Selain mengumpulkan sejumlah barang bukti, Tim Puslabfor Mabes Polri juga menyelidiki bekas jalaran api.

Tim Puslabfor Mabes Polri yang dipimpin Kapuslabfor dan Dirtipidum selesai melakukan olah TKP pada Senin (24/8/2020) sore pukul 17:15 WIB. Tim telah memeriksa sisa hasil kebakaran mulai dari lantai dasar sampai lantai 6, tempat api pertama kali berkobar.

Selain rekaman CCTV, tim Puslabfor Mabes Polri juga mengumpulkan sejumlah puing serta abu sisa kebakaran untuk diteliti guna mengungkap penyebab kebakaran.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan tim Puslabfor dalam melakukan olah TKP juga berusaha menemukan petunjuk-petunjuk non-benda untuk mendalami bagaimana api bisa melahap habis gedung Kejagung.

"Tim mengambil sampel abu arang dari dalam gedung, dan dibawa ke Puslabfor untuk diteliti. Selain itu, tim juga sedang mendalami arah penjalaran api," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi.

"Tim telah melakukan penyisiran setiap lantai, mulai dari lantai 1 hingga lantai 6 gedung Kejagung," lanjutnya.

Sementara itu, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan jajaranya bergerak cepat menyelidiki dan mengusut penyebab terjadinya kebakaran di gedung utama Kejagung.

Listyo mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan pemeriksaan ke sejumlah saksi yang dianggap mengetahui peristiwa kebakaran di gedung Kejagung pada Sabtu (22/8/2020) malam.

"Ada 19 orang diperiksa sebagai saksi," kata Listyo.

Editor : Arif Budiwinarto