Senjata Buatan Indonesia yang Bisa Mengancam Dunia, dari Senapan sampai Kapal Selam

Ajeng Wirachmi ยท Senin, 04 April 2022 - 15:40:00 WIB
Senjata Buatan Indonesia yang Bisa Mengancam Dunia, dari Senapan sampai Kapal Selam
Deretan senjata buatan Indonesia yang bisa mengancam dunia, salah satunya kapal selam Alugoro-405 (Foto: iNews)

4. Panser Badak

Panser Badak juga buatan Pindad mampu menampung tiga prajurit. Kendaraan lapis baja ini tergolong varian baru hasil racikan Pindad dari jenis Ranpur 6x6. Panser Badak didesain untuk kebutuhan satuan kavaleri TNI.

Mesinnya menggunakan diesel yang menghasilkan tenaga 340 HP dan dilengkapi Turbo Charger Intercooler. Kecepatan maksimal yang mampu dicapai kendaraan ini adalah 80 km per jam dan daya jelajah hingga 600 kilometer. 

Panser Badak dilengkapi senapan mesin kaliber 7,62 mm. Selain itu kendaraan ini sukses menjalani uji tembak menggunakan 12 amunisi pada 10 – 12 Desember 2015 di Pusat Pendidikan Infanteri, Bandung. 

Uji tembak ini merupakan bagian dari sertifikasi guna memastikan panser buatan dalam negeri mampu memenuhi ketentuan TNI Angkatan Darat.

5. Kapal Selam Alugoro

Indonesia juga memproduksi kapal selam yang diberi nama Alugoro-405. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan kapal ini di Surabaya pada 17 Maret 2021. Kapal selam ini sangat cocok dioperasikan di laut dangkal, laut dalam, dan salinitas perairan tinggi, sebagaimana karakter perairan Indonesia.

Alugoro merupakan rakitan PT PAL yang mampu berlayar selama 50 hari dengan kru 40 orang ditambah satu tim pasukan elite TNI Angkatan Laut yang menjaga dan menunjang fungsi operasional kapal. 

Kapal bermesin diesel-listrik ini memiliki panjang 61,3 meter dan dapat melaju hingga kecepatan 21 knot di bawah permukaan laut.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda