Sepak Terjang Naftali Tipagau, Pemasok Senjata Api dan Amunisi KKB Papua

Riezky Maulana ยท Selasa, 05 Januari 2021 - 22:36:00 WIB
Sepak Terjang Naftali Tipagau, Pemasok Senjata Api dan Amunisi KKB Papua
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menunjukkan gambar Naftali Tipagau yang menjadi pemasok senjata api dan amunisi bagi KKB Papua. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Polisi menangkap Naftali Tipagau (NT) yang merupakan anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) sekaligus pemasok senjata api dan amunisi untuk kelompok kriminal bersenjata atau KKB Papua di Intan Jaya. Pria ini dikenal licin karena dua kali lolos dari penyergapan polisi.

Pria yang juga dikenal dengan nama Niel Tipagau alias Nataniel Tipagau masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak 25 November 2020. Dia dicari lantaran diduga kuat terlibat transaksi pembelian amunisi bersama dengan Paulus Tebay di Kabupaten Nabire.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan NT ditangkap di Jalan Sam Ratulangi depan Kampus Universitas Yapis Jayapura. Penangkapan dilakukan Senin (4/1/2021).

“Dari hasil penyelidikan tim NT diketahui berada di Kota Jayapura, selanjutnya anggota melakukan penangkapan terhadap NT di Jalan Sam Ratulangi depan Kampus Universitas Yapis Jayapura, pada Senin (4/1/2021),” ujar Paulus di Jayapura, Selasa (5/1/2021).

Menurut Paulus, NT setidaknya dua kali gagal ditangkap karena berhasil melarikan diri. Yang pertama pada 25 Januari 2020, saat itu polisi melakukan penindakan terhadap transaksi pembelian amunisi yang dilakukan NT bersama Paulus Tebay.

"Pada saat dilakukan penindakan, aparat gabungan berhasil mengamankan Paulus Tebay beserta barang bukti amunisi cal 9 mm sebanyak 20 butir dan uang tunai sebesar Rp 1.110.000," katanya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2