SKT FPI Habis Sejak 2019, Ini Kata Tjahjo Kumolo

Dita Angga ยท Jumat, 20 November 2020 - 22:07 WIB
SKT FPI Habis Sejak 2019, Ini Kata Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo (Foto: Sindonews/Ary Wahyu Wibowo)

JAKARTA, iNews.id - Front Pembela Islam (FPI) saat ini tidak terdaftar di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penyebabnya adalah belum dipenuhinya syarat perpanjangan surat keterangan (SKT) sebagai organisasi masyarakat.

Seperti diketahui SKT FPI habis pada Juni tahun 2019 lalu. Sebenarnya, pada tahun lalu FPI sempat mengusulkan perpanjangan SKT kepada Kemendagri. Hal ini dipastikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang saat itu dijabat Tjahjo Kumolo.

“Infonya sudah diajukan lewat Dirjen Polpum. Sekarang sedang diurus oleh Dirjen Polpum. Sedang dievaluasi dulu," kata Tjahjo, Senin (24/06/2019).

Kemudian sampai pada bulan Juli SKT yang diusulkan tak kunjung terbit. Tjahjo Kumolo menjelaskan alasan belum terbitnya perpanjangan SKT FPI karena belum lengkapnya syarat perpanjangan yang diusulkan FPI.

“Laporan dirjen kami dari 20 persyaratan baru diserahkan 10 persyaratan. Kan kami harus menunggu dulu. Menunggu dulu persyaratan yang lengkap dulu. Setelah itu baru ada tahap-tahap evaluasi,” katanya, 8 Juli 2019.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua