Soal Anggota Dewan Belum Lapor Harta Kekayaan, Ketua MPR Bamsoet : Yang Tua Agak Gaptek

Felldy Utama ยท Selasa, 07 September 2021 - 12:38:00 WIB
Soal Anggota Dewan Belum Lapor Harta Kekayaan, Ketua MPR Bamsoet : Yang Tua Agak Gaptek
Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam diskusi bertajuk ''Apa Susahnya Lapor LHKPN Tepat Waktu dan Akurat?' (Foto dok MPR).

JAKARTA, iNews.id - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengungkap salah satu penyebab masih banyaknya anggota dewan yang belum melaporkan LHKPN berbasis elektronik. Hal itu disampaikan dalam diskusi bertajuk ''Apa Susahnya Lapor LHKPN Tepat Waktu dan Akurat?' yang digelar secara daring oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menyebut, sampai saat ini kepatuhan terhadap LHKPN itu masih didominasi oleh anggota dewan dari generasi muda dibandingkan mereka generasi tua. Salah satu persoalannya adalah gagap teknologi 'Gaptek' dari anggota dewan tersebut.

"Ini karena menyangkut soal ke Gaptekan juga. Jadi yang tua-tua kayak kami ini agak Gaptek soal teknologi," kata Bamsoet dalam paparannya, Selasa (7/9/2021).

Oleh karenanya, mantan Ketua DPR itu berpendapat bahwa persoalan penguasaan teknologi masih menjadi kendala sebagian besar anggota dewan dari generasi tua untuk melaporkan LHKPN kepada KPK.

"Saya kira kepatuhan yang muda lebih baik dan yang tua lebih gaptek karena dihadapkan suatu teknologi. Kalo yang muda-muda kan literasi teknologinya lebih baik," ujar dia.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: