Survei LSJ : Elektabilitas Prabowo Subianto Kokoh sebagai Pemuncak

Felldy Utama ยท Selasa, 27 September 2022 - 19:17:00 WIB
Survei LSJ : Elektabilitas Prabowo Subianto Kokoh sebagai Pemuncak
Direktur Riset LSJ, Fetra Ardianto merilis elektabilitas Capres 2024. Prabowo masih kokoh di puncak. (Foto LSJ).

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil survei terbaru mereka tentang dinamika elektabilitas partai politik dan calon presiden (capres) menjelang Pemilu 2024.  Hasilnya, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih teratas dengan perolehan 31,5 persen.

"Prabowo Subianto tetap bertengger di posisi teratas dengan 31,5%. Lalu, di posisi kedua masih tetap Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 20,8%, dan diikuti Anies Baswedan dengan 16,9%," ujar Peneliti Senior LSJ Fetra Ardianto, Selasa (27/9/2022). 

Berdasar survei pertama LSJ bulan Januari 2022 elektabilitas Ganjar dan Anies cenderung stagnan.

Sementara, tokoh-tokoh di luar ketiga nama di atas elektabilitasnya juga cenderung mandeg. Seperti Ridwan Kamil (RK) yang berada di posisi ke-4 masih terpaku di angka 7 persenan. Sandiaga Uno yang sempat  bercokol di posisi ke-4 sebelum diambil alih RK bahkan elektabilitasnya terus merosot. 

Sedangkan Puan Maharani, Agus Harimurty (AHY) dan Menteri BUMN Erick Thohir mengalami peningkatan elektabilitas yang lumayan dibandingkan survei-survei LSJ sebelumnya. 

Mengenai perkembangan elektabilitas partai politik, PDI Perjuangan tetap kokoh sebagai pemuncak. Saat ini dengan elektabilitas 22,8% PDI Perjuangan sementara Partai Gerindra dengan elektabilitas 16,9% berada di posisi kedua dan terus membuntuti elektabilitas PDI Perjuangan. 

"Untuk Partai Golkar dan Partai Demokrat kelihatannya akan bersaing ketat memperebutkan posisi ketiga dan keempat," kata Feri.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda